Selalu Merasa Lapar, Mungkinkah gegara GERD Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Selalu Merasa Lapar, Mungkinkah gegara GERD Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 25 Jan 2023 09:09 WIB
5 Tips Puasa untuk Penderita Maag dan GERD agar Nyaman Beribadah
Ilustrasi GERD. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Saran Hansakul)
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya mau bertanya Dok, kenapa GERD itu selalu merasa lapar?

Terus apa yang harus dilakukan agar terhindar dari lapar tersebut dan bagaimana cara agar sensasi-sensasi GERD itu tidak mudah kambuh?

Firdha (wanita, 32 tahun)

Jawaban:

Sebenarnya bukan selalu merasa lapar. Tapi, penderita GERD itu akan merasakan hanya bisa makan sedikit, tidak bisa makan banyak.

Jika dipaksa makan banyak akan membuat perutnya tidak nyaman. Sehingga dia akan makan dengan jumlah porsi yang sedikit dan otomatis dia akan sering merasa lapar kembali.

Secara alami, tubuh kita juga mengatur demikian. Ketika lambung kita sakit, maka secara otomatis itu tidak bisa bekerja seperti ketika dia sehat.

Jadi, ketika dia makan agak banyak, maka dia tidak akan mampu. Lambung dengan sendirinya mengatur hanya bisa makan dengan porsi kecil.

Tapi tidak apa, kita ikuti saja makan dalam porsi kecil, tapi sering. Lambat laun, sakit lambung kita sembuh. Nantinya, perlahan-lahan kita bisa makan dalam jumlah besar dan jaraknya semakin panjang.

dr Andry Surandy, SpPD-KGEH

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Amankah Pengidap Asam Lambung Jalankan Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT