Sabtu, 11 Nov 2017 17:05 WIB

Umur 35 Tahun Belum Menikah, Perlukah 'Menabung' Sperma?

Belum menikah. Pentingkah preservasi atau membekukan sperma untuk kebutuhan di masa mendatang?/Ilustrasi: Thinkstock Belum menikah. Pentingkah preservasi atau membekukan sperma untuk kebutuhan di masa mendatang?/Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Umur saya 35 tahun, belum menikah. Pentingkah preservasi atau membekukan sperma untuk kebutuhan di masa mendatang? Terima kasih

U (Laki-laki, 35 tahun)

Jawaban

Preservasi (penyimpanan, biasanya dengan dibekukan) sperma Anda untuk kebutuhan reproduksi di masa depan, agaknya belum diperlukan.

Usia Anda, 35 tahun, relatif muda. Jauh lebih penting preservasi kebugaran seksual dengan cara exercise fisik secara reguler, cukup tidur, didukung pula oleh asupan gizi seimbang.

Dengan demikian, pada usia berapapun fungsi reproduksi tubuh Anda akan selalu optimal. Hal ini amat penting dalam membina hubungan dengan pasangan Anda di masa depan, yang bila dijabarkan ada 3 fungsi:

1. Fungsi untuk memperoleh keturunan,
2. Fungsi untuk menikmati hubungan seksual dengan istri,
3. Fungsi untuk membina hubungan kasih sayang dengan istri.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta. (hrn/up)