Senin, 02 Sep 2019 11:12 WIB

Konsultasi Kulit dan Kelamin

Jerawat Muncul Usai Berhenti Pakai Krim Dokter, Ini Alasannya

Jerawat bisa muncul kembali karena perawatan harus dilakukran rutin. (Foto: detikHealth) Jerawat bisa muncul kembali karena perawatan harus dilakukran rutin. (Foto: detikHealth)
Jakarta - Sudah satu bulan saya berhenti pakai krim dari dokter, sekarang malah beruntusan. Hampir empat tahun masalah jerawat saya enggak kunjung hilang, meradang, hingga sampai timbul bopeng. Apa yang harus saya lakukan?

Maya Lubis (Perempuan, 24)


Jawaban

Masalah jerawat pada usia produktif yang tidak kunjung hilang, meradang dan sampai timbul bopeng perlu perawatan yang konsisten dan bertahap. Pada masalah jerawat yang meradang dilihat dari kondisi kulit apakah perlu pemberian obat antijerawat saja ataukah perlu adanya kombinasi dengan menggunakan antibiotik krim ataupun antibiotik minum.

Pada kondisi jerawat tertentu bisa juga dilakukan pemberian suntikan antiradang, tetapi semua itu perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Jerawat yang sudah timbul bopeng bisa dilakukan beberapa perawatan wajah seperti chemical peeling sesuai dengan kondisi pasien. Selain perawatan konsisten dan bertahap faktor lain yang juga bisa berperan seperti stres, gaya hidup dengan mengkonsumsi alkohol serta merokok harus dihindari.

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, FINSDV, FAADV,
DNI Skin Centre Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
Instagram @dniskincentre www.skincentrebali.com

(fds/fds)