Rabu, 18 Sep 2019 12:42 WIB

Konsultasi Mata

Pakai Softlens Saat Olahraga, Berbahayakah untuk Mata?

Ada yang harus diperhatikan kalau ingin pakai softlens saat olahraga. (Foto: Luthfy Syahban/detikcom)) Ada yang harus diperhatikan kalau ingin pakai softlens saat olahraga. (Foto: Luthfy Syahban/detikcom))
Jakarta - Dok, apakah baik menggunakan softlens saat berolahraga basket? Dengan ukuran mata minus saya 3,00 dan silinder saya 1,75? Terimakasih Dok.

Wahyu Vhebbyansyah (Pria, 22 Tahun)

Jawaban

Dear Wahyu,

Terima kasih atas pertanyaannya. Menurut pendapat saya, tidak ada halangan untuk memakai softlens saat berolahraga. Softlens memang merupakan alternatif alat bantu penglihatan selain kacamata, tapi perlu diingat ada risiko infeksi karena penggunaannya yang menempel pada mata kita.

Penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan saat memakai dan melepas softlens serta kebersihan tempat penyimpanan. Jangan pakai softlens saat mata Anda mengalami iritasi atau merah.


Apabila ada keluhan setelah pemakaian softlens, segera periksakan mata Anda.

Selama Anda yakin bisa menjalankan semua itu, silahkan menggunakan softlens saat berolahraga. Alternatif lainnya adalah LASIK untuk menghilangkan minus dan silindris Anda sehingga tidak perlu lagi memakai softlens atau kacamata.

Selamat berolahraga.

dr Zeiras Eka Djamal, SpM
JEC@Cinere Jalan Cinere Raya No. 19, Depok, Jawa Barat

(fds/fds)