Jumat, 04 Okt 2019 08:35 WIB

Konsultasi Kulit dan Kelamin

Kenapa Buah Zakar Sering Terasa Gatal Tengah Malam?

Rasa gatal pada buah zakar bisa disebabkan penyakit infeksi. (Foto: detikHealth) Rasa gatal pada buah zakar bisa disebabkan penyakit infeksi. (Foto: detikHealth)
Jakarta - Dok saya mau tanya kenapa buah zakar saya suka terasa gatal. Rasanya paling gatal tengah malam. Kenapa bisa begitu Dok? Kalau saya garuk luka dan meluap perih.

Obat apa yang cocok Dok? Soalnya sudah lama begini.

Hardy Siagian

Jawaban

Gatal di buah zakar dapat disebabkan oleh infeksi, kontak dengan bahan kimia yang menyebabkan iritasi, atau penyakit kulit lainnya. Infeksi merupakan penyebab yang paling sering gatal pada buah zakar dan dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual, jamur, atau parasit/skabies.

Selain infeksi, penyebab lain yang cukup sering dijumpai adalah dermatitis kontak akibat bahan kimia seperti sabun, lotion, parfum, detergen, dan sebagainya.

Untuk menegakkan diagnosis penyebab infeksi yang pasti dan terapi yang tepat, biasanya dibutuhkan beberapa pemeriksaan laboratorium. Apabila keluhan tersebut muncul sudah lama dan berulang, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu keluhan tersebut ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, FINSDV, FAADV,
DNI Skin Centre Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
Instagram @dniskincentre (fds/fds)