Keluar Cairan Putih dari Miss V Tiap Selesai Bercinta, Normalkah Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Keluar Cairan Putih dari Miss V Tiap Selesai Bercinta, Normalkah Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 15 Nov 2022 09:01 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
Ilustrasi. Foto: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Maaf Dok saya mau tanya. Setelah berhubungan dengan suami mengapa selalu keluar cairan putih, seperti sperma?

Dan itu selalu terjadi terkadang langsung keluar, terkadang beberapa saat. Biasanya terjadi setelah saya bangun, duduk, jongkok, atau berdiri. Dengan waktu yang bisa beberapa jam setelah berhubungan.

Contoh saya malam jam sembilan tidak keluar, tapi setelah saya bangun pagi berdiri pasti langsung keluar dan itu cukup banyak. Terkadang putih terkadang bening, apakah saya ada kelainan Dok?

Terus dua tahun ini, memang saya sering nyeri jika datang bulan. Padahal sebelumnya saya tidak merasakan apa-apa saat datang bulan. Apakah itu mempengaruhi semua nya Dok, dan yang menyebabkan saya belum hamil juga?

YN (wanita, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Sperma itu berbentuk cairan-cairan kental, dalam waktu 30-60 menit akan mencair. Hal tersebut sangat wajar, sperma masuk ke liang vagina, setelah itu akan mengalir keluar.

Untuk nyeri saat haid, sebagian besar berhubungan dengan kemungkinan endometriosis dalam berbagai tingkat keparahan. Disarankan untuk periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk ditindak lanjut.

dr Dian Burhansyah, SpOG, FMAS

Spesialis obstetri dan ginekologi

Primaya Hospital Bekasi Timur

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT