Pundak Pegal-Pusing Usai Makan Seafood Tanda Kolesterol, Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Pundak Pegal-Pusing Usai Makan Seafood Tanda Kolesterol, Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 18 Nov 2022 09:05 WIB
Ilustrasi sakit kepala atau pusing saat bangun tidur
Foto: Getty Images/staticnak1983
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya mau tanya, sudah beberapa hari ini saya pusing. Itu muncul disertai pegal di bagian pundak, tengkuk leher belakang, hingga kepala. Bahkan badan terasa seperti ingin pingsan.

Kondisi ini bisa muncul saat saya makan seafood dalam jumlah yang cukup banyak. Apakah ini termasuk tanda kolesterol Dok? Mohon penjelasan dan solusinya.

IL (pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Sakit kepala disertai pegal di pundak, tengkuk leher belakang dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Pencetus tersering adalah stres, kurang tidur, dan terlambat makan.

Makanan yang mengandung penyedap rasa, seperti monosodium glutamat (MSG) juga dapat memicu sakit kepala. Alergi makanan pun juga dapat memicu sakit kepala.

Pada kasus ini, sangat mungkin rasa sakit kepala yang muncul setelah makan seafood berhubungan dengan reaksi alergi, khususnya terhadap golongan krustasea, seperti kepiting dan udang, atau golongan moluska, seperti kerang dan cumi-cumi.

Apakah ini termasuk tanda kolesterol?Jawabannya tidak. Hiperkolesterolemia tidak menimbulkan gejala apapun termasuk sakit kepala, hingga suatu saat muncul komplikasi seperti serangan jantung atau stroke.

Satu-satunya cara mengetahui apakah kita memiliki kadar kolesterol yang tinggi adalah dengan memeriksakan kadar kolesterol dalam darah dengan pemeriksaan darah di laboratorium.

Memang benar bahwa seafood selain ikan dapat menyebabkan hiperkolesterolemia. Tetapi, hal ini tidak berhubungan dengan sakit kepala yang dialami. Oleh karena itu, solusi untuk saat ini adalah menghindari makanan pencetus yang dapat menimbulkan sakit kepala serta memeriksakan kadar kolesterol, untuk memastikan bahwa kadar kolesterol masih dalam rentang normal.

dr Imelda Maria Loho, SpPD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

RS Pondok Indah - Puri Indah

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT