Belum Haid Pasca Melahirkan Normal, Apakah Berbahaya Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Belum Haid Pasca Melahirkan Normal, Apakah Berbahaya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 30 Nov 2022 09:01 WIB
Ilustrasi menstruasi
Belum haid usai melahirkan normal apakah berbahaya Dok? (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina79)
Jakarta -

Pertanyaan:

Halo Dok, saya izin bertanya. Apakah pasca melahirkan normal tapi belum mengalami haid atau menstruasi itu berbahaya Dok? Mohon penjelasannya dan apa yang harus dilakukan, terima kasih.

ED (wanita, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Pasca melahirkan dan melewati masa nifas, kebanyakan ibu memang akan mengalami periode amenorrhea atau tidak menstruasi. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya hal tersebut seperti:

Adanya fluktuasi atau ketidakseimbangan hormonal, termasuk juga akibat faktor psikis, kelelahan berat, badan yang berubah drastis serta menyusui. Pada masa menyusui hormon prolaktin akan meningkat dan dapat menyebabkan tidak terjadi ovulasi atau masa subur sehingga siklus haid tidak teratur.

  • Pengaruh KB yang digunakan
  • Hamil kembali
  • Penyakit tertentu seperti hipertiroidisme,tumor kelenjar hipofisis, sindrom ovarium polikistik dan sebagainya

Kapan seharusnya kembali menstruasi pasca melahirkan?

Kita tidak dapat mengetahui pasti kapan ibu akan kembali mengalami menstruasi setelah melahirkan. Apabila si ibu memberikan ASI eksklusif, menstruasi akan terjadi kembali dalam waktu yang lebih lama.

Sebaliknya, jika tidak memberikan ASI, mungkin menstruasi akan muncul lebih cepat. Lalu, apa yang harus dilakukan jika ibu memiliki periode menstruasi yang tidak normal setelah melahirkan?

Bisa bertanya pada dokter kandungan untuk mengevaluasi kondisi rahimnya. Kemudian juga rutin berolahraga seperti yoga, menjaga kondisi berat badan, dan konsumsi makanan yang bergizi serta buah buahan. Hal ini bisa membantu proses menstruasi kembali pasca melahirkan.

dr Idries Tirtahusada, SpOG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Primaya Hospital Bhakti Wara

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Lahir di 17 Agustus. 16 Bayi Ini Diberi Pernak-pernik Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT