Hari AIDS Sedunia 2022: Tema, Sejarah, dan Twibbon

ADVERTISEMENT

Hari AIDS Sedunia 2022: Tema, Sejarah, dan Twibbon

Fadilla Namira - detikHealth
Senin, 28 Nov 2022 15:22 WIB
ilustrasi obat antiretroviral
Hari AIDS Sedunia 2022 (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day) 2022 diperingati pada 1 Desember 2022. Tema tahun ini adalah "equalize". Hari AIDS Sedunia 2022 bertujuan untuk mengajak masyarakat di seluruh dunia bersatu melawan HIV dengan mengenali tanda-tanda dan bahayanya. Melalui acara ini pula, masyarakat diharapkan bisa memberikan dukungan serta semangat kepada pengidap HIV-AIDS.

AIDS merupakan tahap akhir dari infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang dapat menular lewat kontak seksual atau penggunaan suntikan narkoba. Tanpa mengonsumsi obat, pengidapnya hanya bisa bertahan hidup sekitar tiga tahun. Itulah mengapa deteksi dini HIV penting supaya meningkatkan efektivitas pengobatan dan mencegah timbulnya komplikasi serius.

Sejarah Hari AIDS Sedunia 2022

Hari AIDS Sedunia dibentuk setelah kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat pada 1988. Peringatan ini mulanya digagas oleh dua orang anggota World Health Organization (WHO), yaitu James Bunn dan Thomas Netter.

Menurut mereka, masyarakat akan tertarik dengan isu AIDS setelah setahun pasca kampanye sehingga ditetapkanlah 1 Desember sebagai Hari AIDS Sedunia. Atas dasar itu pula, Hari AIDS Sedunia jadi peringatan kesehatan global pertama kali.

Lalu mulai 1996, peringatan ini diambil alih oleh PBB untuk program pencegahan dan pengedukasian HIV-AIDS. Kampanye AIDS Dunia terdaftar sebagai organisasi nirlaba pada tahun 2004 di Belanda.

Tema Hari AIDS Sedunia 2022

Pada tahun ini, PBB memilih tema 'equalize' yang berarti tindakan menyetarakan akses dan fasilitas layanan pengobatan HIV, terutama untuk anak-anak, pekerja seks, serta pengguna narkoba.

Tema ini juga menuntut adanya perundang-undangan atau kebijakan yang mengatur stigma dan eksklusi yang dihadapi oleh pengidap HIV sehingga kehadiran mereka bisa dihormati dan diterima dengan layak oleh publik.

Delapan tahun tersisa dari tujuan PBB untuk menghapus AIDS di 2030. Oleh karena itu, ketimpangan ekonomi, sosial, budaya dan hukum harus segera diatasi.

"Kita dapat mengakhiri AIDS jika kita mengakhiri ketidaksetaraan yang melanggengkannya. Hari AIDS Sedunia ini kami membutuhkan semua orang untuk terlibat dalam berbagi pesan bahwa kita semua bisa mendapat manfaat ketika kita mengatasi ketidaksetaraan," kata Direktur Eksekutif UNAIDS Winnie Byanyima dikutip dari UNAIDS (28/11/2022).

Twibbon Hari AIDS Sedunia 2022

Ayo! Masyarakat Indonesia tunjukan rasa empati dengan menyebarkan edukasi dan informasi aktual tentang HIV-AIDS. Tak lupa unggah foto kalian di media sosial menggunakan twibbon yang sudah detikcom kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:



Simak Video "WHO Soroti Ketimpangan Perawatan HIV di Hari AIDS Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT