ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Des 2021 05:20 WIB

Hari AIDS Sedunia

Jadi Simbol Hari AIDS Sedunia, Kenali Arti dan Sejarah Pita Merah

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Females hands, on the palm is a red ribbon, a symbol of the fight against AIDS. Text. Gray background. Flat lay. The concept of world AIDS day. Arti dan sejarah pita merah simbol Hari AIDS Sedunia (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ildar Abulkhanov)
Jakarta -

Hari AIDS Sedunia yang diperingati 1 Desember 2021 identik dengan pita merah. Simbol ini cukup populer, tetapi sebenarnya bagaimana sih arti dan sejarahnya?

Diperingati pada Hari AIDS Sedunia, AIDS (acquired immuno deficiency syndrome) sendiri merupakan sindrom atau sekumpulan gejala. Penyebabnya adalah imunitas tubuh yang melemah karena infeksi HIV (human immunodeficiency virus).

Baik HIV dan AIDS kerap dilambangkan dengan simbol pita merah. Apa arti yang terkandung di dalam simbol pita merah, dan bagaimana asal usulnya?

Sejarah pita merah lambang HIV-AIDS

Dikutip dari UNaids, sebuah kelompok bernama Visual AIDS didirikan di New York oleh para profesional seni pada 1988 sebagai respons atas dampak AIDS pada kelompok seniman. Tiga tahun kemudian, pada 1991, para seniman ini berkumpul mendesain simbol visual untuk penyakit tersebut.

Terinspirasi pita kuning untuk menghormati tentara Amerika Serikat yang bertugas di Perang Teluk, para seniman ini membuat logo berupa pita merah. Warna merah dipilih sesuai warna darah, dengan lengkungan yang melambangkan jantung-hati atau cinta.

Awalnya terbatas di kalangan seniman

Di awal-awal penggunaan, pita merah lambang HIV-AIDS disertai teks atau tulisan yang menjelaskan artinya. Ketika itu, pita merah dibuat dan didistribusikan hanya di kalangan artis atau seniman. Namun belakangan setelah makin populer, teks tersebut tidak pernah lagi disertakan.

Logo pita merah lambang HIV-AIDS mulai populer beberapa pekan setelahnya, ketika mulai muncul di berbagai ajang bergengsi seperti Oscars. Dalam waktu singkat, logo ini lalu mendunia. Tahun 1992 dalam konser untuk menghormati musisi Freddie Mercury, lebih dari 100.000 orang mengenakan pita merah.

Warna pita yang lain

HIV-AIDS bukan satu-satunya kondisi yang dilambangkan dengan pita. Berbagai jenis kanker juga memiliki lambang atau simbol berupa pita dengan warna tertentu, di antaranya sebagai berikut:

  • Pita pink - kanker payudara
  • Pita biru - kanker usus dan kolorektal
  • Pita biru muda - kanker prostat
  • Pita ungu - kanker pankreas, dipakai juga untuk simbol demensia
  • Pita hijau - kanker hati

Tema hari AIDS tahun ini

Tiap tahun, peringatan Hari AIDS Sedunia mengambil tema yang berbeda. Untuk tahun 2021 ini, organisasi kesehatan dunia WHO menetapkan tema 'End inequalities. End AIDS' atau 'Akhiri ketidaksetaraan. Akhiri AIDS'.

Fokus peringatan Hari AIDS Sedunia tahun ini adalah menjangkau kelompok yang tidak mendapatkan akses layanan terkait HIV. WHO menyerukan para pemimpin untuk mengatasi ketidaksetaraan akses tersebut.



Simak Video "WHO Soroti Ketimpangan Perawatan HIV di Hari AIDS Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT