Apakah Gigi Berlubang Harus Dicabut Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Apakah Gigi Berlubang Harus Dicabut Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Senin, 05 Des 2022 09:03 WIB
Child having a dental examination
Foto: Istock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, bagaimana ya cara mengobati sakit gigi karena berlubang. Saya belum mau ke dokter, karena saya takut untuk cabut gigi. Apakah ada cara lain untuk mengatasinya Dok?

Jawaban:

Pada dasarnya tidak semua kasus gigi berlubang itu harus dilakukan pencabutan gigi. Apabila kondisi gigi masih baik, maka akan dilakukan perawatan saluran akar.

Sebelumnya dokter gigi akan memeriksa kondisi klinis dan pemeriksaan penunjang berupa ronsen. Apabila dari gambaran ronsen dan kondisi klinis pasien masih baik dan bisa dilakukan perawatan saluran akar.

Maka dokter akan merekomendasikan untuk dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu.
Setelah dilakukan perawatan saluran akar, maka akan dilanjutkan dengan penambalan permanen atau pembuatan crown (mahkota) gigi.

drg Merlyana Prastika Dewi

Dokter Gigi Umum

Primaya Hospital Betang Pambelum

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Dekade: Bahaya Menggeretak Gigi Saat Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT