Lidah Tiba-tiba Terasa Pahit, Tanda Sakit Apa Ya Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Lidah Tiba-tiba Terasa Pahit, Tanda Sakit Apa Ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 09 Des 2022 09:08 WIB
ilustrasi air liur
Foto: thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, kenapa ya lidah saya suka tiba-tiba terasa pahit, terlebih setelah makan. Kadang itu suka terjadi tanpa ada gejala lain di tubuh. Saya sakit apa ya Dok?

Omah (wanita, 24 tahun)

Jawaban:

Lidah adalah indra perasa tubuh untuk makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut. Sehingga sangat bergantung pada jenis makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Penyakit pada gigi juga dapat memberikan rasa pahit pada lidah, sehingga perlu dilakukan inspeksi oleh dokter gigi, akan kemungkinan penyakit gigi dan gusi.

Rasa tidak enak pada tenggorokan termasuk lidah, juga bisa diakibatkan oleh paparan terhadap asam lambung yang terjadi dengan frekuensi yang sering. Hal ini diakibatkan oleh produksi akibat asam lambung yang berlebih, dan lemahnya otot esofagus bawah, sehingga dapat terjadi refluks hingga tenggorokan.

Pasien disarankan untuk cukup istirahat, kurangi stress atau beban kerja yang berlebihan, dan mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti makanan pedas, kopi, teh, junk food, soda, dan alkohol.

dr Achmad Fausan, SpPD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Makassar

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin melalui form Konsultasi detikHealth, KLIK DI SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Dekade: Bahaya Menggeretak Gigi Saat Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT