detikhealth

Sehat dengan Raw Diet

Begini Triknya Agar Raw Diet Tak Bikin Orang Kurang Protein dan Kalsium

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 11/03/2015 13:01 WIB
Begini Triknya Agar Raw Diet Tak Bikin Orang Kurang Protein dan KalsiumIllustrasi: Thinkstock
Jakarta, Raw diet merupakan pola makan dengan mengonsumsi sayuran, buah, tanaman yang bisa dimakan, kacang, biji-bijian dan umbi, serta bahan-bahan lainnya. Benarkah menerapkan diet ini dapat membuat seseorang jadi kekurangan asupan penting seperti protein dan kalsium?

Disampaikan oleh salah seorang praktisi raw diet di Indonesia, Deasi Srihandi, penerapan raw diet bisa dilakukan tanpa membuat seseorang mengalami kekurangan asupan tertentu.

Menurutnya, berdasarkan 700 penelitian 'The China Study' yang dilakukan oleh T. Colin Campbell, diet dengan asupan 7 persen protein sudah mencukupi kebutuhan manusia. Selain itu, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi protein vegan lebih sehat dari protein hewani seperti daging dan produk dari susu.

"Sumber protein non-hewani terbaik adalah sayuran berwarna hijau gelap, kacang dan biji-bijian, wheatgrass, kecambah dan sejenis beras," imbuh wanita yang sudah menjalani raw diet dalam 7 tahun terakhir ini kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (11/3/2015).

Sementara itu, bagaimana cara mendapatkan asupan kalsium dan zat besi saat menerapkan raw diet? Deasi menyampaikan penelitian mengenai kedua hal ini sudah dilakukan secara mendalam oleh beberapa raw food guru seperti Victoria Boutenko, dr Gabriel Cousens dan Brian Clemens.

Mereka menemukan bahwa sumber mineral terbaik terkandung dalam sayuran berwarna hijau, kecambah, tanaman laut seperti agar-agar, kacang, serta biji-bijian yang dikecambahkan.

"Untuk sumber kalsium bisa didapatkan dari wijen yang mengandung lebih banyak kalsium dibandingkan susu sapi, bahkan tercatat minimal 4-6 kali lebih tinggi kandungannya dari susu sapi," tutur Deasi.

Selain itu, ada beberapa tanaman lainnya yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, seperti kacang almond, brokoli, kol, collard, dandelion, dulse (tanaman laut), kale, dan prunes. Sementara itu untuk sumber zat besi bisa didapatkan dari bayam, swiss chard, jus prune, daun beet, wijen, menten, kismis, aprikot, semangka, kale, biji bunga matahari, brokoli, biji labu, sun dried tomato, tanaman laut seperti agar-agar dan biji flax.

"Terbukti bahwa dengan dikonsumsi secara mentah akan membuat kandungan kalsiumnya lebih mudah terserap dan tercerna oleh tubuh. Untuk mudahnya mendapatkan semua manfaat tersebut, penting adanya untuk membuat jus segar dari bahan-bahan di atas," pesan Deasi.

Baca juga: Agar Bakteri dan Parasit Tak Ikut Termakan, Ini yang Perlu Diwaspadai

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit