detikhealth

Sehat dengan Raw Diet

Ini Pilihan Asupan yang Bisa Dikonsumsi Saat Raw Diet

Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 11/03/2015 20:01 WIB
Ini Pilihan Asupan yang Bisa Dikonsumsi Saat Raw Dietilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dalam memulai raw diet, diperlukan pemilihan asupan yang tepat. Ini supaya prinsip raw diet tetap terlaksana dengan baik namun kebutuhan nutrisi sehari-hari pun tetap terpenuhi.

Disebutkan oleh salah seorang praktisi raw diet di Indonesia, Deasi Srihandi, definisi raw diet sendiri merupakan pola makan dengan mengonsumsi sayuran, buah, rerumputan, tanaman liar yang bisa dimakan, kacang, biji-bijian dan umbi.

Selain itu, asupan lain seperti tanaman laut, biji dari keluarga rerumputan seperti wheatgrass juga termasuk dalam kategori asupan raw diet. Yang terpening, asupan ini terdiri atas makanan dan minuman difermentasi yang secara mentah atau tidak dimasak melebihi sekitar 42-45 derajat Celcius.

"Makanan tersebut dikonsumsi seperti adanya tanpa dimasak dan lebih ideal jika tidak diproses, sesegar mungkin. Juga lebih ideal jika tanaman tersebut organik, tidak diradiasi, tidak diawetkan tidak mengandung pestisida dan bukan GMO (Genetically Modified Organism) atau dimodifikasi secara genetik," papar Deasi kepada detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (11/3/2015).

Tak cuma beberapa asupan yang disebutkan di atas, Anda juga bisa memanfaatkan asupan lain seperti tanaman laut dan makanan atau minuman yang difermentasi.

"Semua makanan ini bisa disajikan dengan rasa yang lezat dalam bentuk seperti makanan tradisional bahkan hingga makanan modern, mulai dari es krim, burger, lasagna, roti, brownies, cookies, cake tart, susu kacang, sandwich, dan banyak lainnya, yang bahkan kemungkinan besar tidak pernah dikonsumsi oleh masyarakat yang bukan raw foodiest," tutur wanita yang telah menerapkan raw diet dalam 7 tahun terakhir ini.

Ada juga beberapa tanaman lainnya yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, seperti kacang almond, brokoli, kol, collard, dandelion, dulse (tanaman laut), kale, dan prunes. Sementara itu untuk sumber zat besi bisa didapatkan dari bayam, swiss chard, jus prune, daun beet, wijen, menten, kismis, aprikot, semangka, kale, biji bunga matahari, brokoli, biji labu, sun dried tomato, tanaman laut seperti agar-agar dan biji flax.

Deasi mencontohkan, untuk sarapan Anda bisa memilih oats parfait. Kemudian untuk makan siang misalnya dengan raw salad, makan malam dengan raw sushi. Sementara untuk camilan Anda bisa memilih green smoothie atau es krim.

Baca juga: Tak Perlu 'Tersiksa', Terapkan Raw Diet Tak Harus Makan Makanan Mentah


(ajg/vta)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit