detikhealth

Tips Agar Jantung Tetap Sehat

Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Selasa, 29/09/2015 17:28 WIB
Tips Agar Jantung Tetap SehatFoto: Thinkstock/ktsimage
Jakarta, Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, diperkirakan 17,3 juta kematian disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler atau penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Lalu sekitar 3 juta kematian tersebut terjadi sebelum usia 60 tahun.

Kematian di usia produktif disebabkan oleh penyakit jantung berkisar 4 persen pada negara penghasilan tinggi, dan 42 persen terjadi di negara berpenghasilan rendah. Kematian yang diakibatkan karena penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner dan stroke diperkirakan akan terus meningkat mencapai 23,3 juta kematian pada tahun 2030.

Baca juga: Cegah Sakit Jantung Bisa Dimulai Sejak Usia 3 Tahun

Penyakit jantung bisa dialami siapa saja. Bukan hanya pasien diebetes atau hipertensi saja, tapi orang-orang yang tidak menjaga pola makan dan hidup dapat terserang penyakit jantung.

"Banyak pasien yang datang ke saya dan memberitahu jika mereka tidak mengidap penyakit diabetes, hipertensi dan obesitas. Padahal, mereka yang tidak terserang penyakit tersebut bukan berarti tidak memiliki risiko penyakit jantung, beberapa faktor seperti genetik bisa membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung," ujar dr Vinay Kumar Bahl, Profesor dan Kepala Departemen Kardiologi, All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), New Delhi, dikutip dari Indian Today, Selasa (29/9/2015).

Baca juga: Pada Remaja, Denyut Jantung Bisa Tunjukkan Risiko Perilaku Agresif



Memperingati Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September, para ahli jantung membagi tips agar jantung tetap sehat. Berikut ini tipsnya:

1. Pilih Makanan Rumahan

Menurut dr Bahl, makanan rumahan merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi, ketimbang makanan siap saji atau membeli. Karena masakan rumah menggunakan bahan-bahan yang umumnya lebih baik dan tidak menggunakan bahan pengawet.

2. Olahraga Ringan

Menurut dr Naveen Bhamri, ahli jantung di New Delhi, salah satu cara dia menjaga jantung tetap sehat adalah dengan bangun lebih pagi dan melakukan jalan cepat, kemudian melakukan yoga. Terdapat bukti ilimiah yang menyatakan salah satu teknik yoga yaitu pranayama memiliki manfaat dan bisa membantu mengontrol kolestrol pada tubuh. Untuk diketahui kolesterol berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Jauhi Rokok

Menurut dr Bahl, hindari merokok perlu dilakukan jika ingin terhindar dari penyakit jantung. Karena merokok tidak hanya merugikan tubuh sendiri, tetapi juga orang lain. Apalagi berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyakit jantung maupun kanker. Namun karena gejalanya yang timbul lambat dan bertahun-tahun, sangat sedikit yang menyadari hal tersebut.

4. Hindari Stres

Bagi usia produktif, hindarilah stres agar tidak mengalami sakit jantung. Karena saat stres, hormon adrenalin meningkat, kondisi jantung lebih berdebar, tekanan darah meningkat, dan pembuluh darah pun menyempit.

Menurut dr Ajay Kaul, seorang kardiolog, dengan memejamkan mata selama 15 menit dapat membuat tubuh menjadi relaks dan bisa menghilangkan stres.

5. Pola Hidup Sehat Sejak Muda

dr Sandeep Attawar MS, Mch, Direktur dan Kepala Departemen Bedah Jantung dan Vaskuler di Fortis Memorial Research Institute, India, berpesan mulailah dari muda untuk menjaga pola hidup sehat. Jangan tunggu usia 30-40 tahun untuk memulai hidup sehat. Karena dengan menjaga pola hidup sehat, maka dapat terhindar dari berbagai penyakit, terutama serangan jantung.

dr Bahl menyebut selama dua dekade terakhir, dirinya telah melihat serangan jantung juga terjadi di usia muda. "Ada pasien berusia 20an dan 30an tahun dengan kerusakan jantung dan serangan jantung," ungkap dr Bahl sembari menambahkan penting pula untuk menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi jantung.(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit