detikhealth

Bibir Sehat Natural

Benarkah Madu Aman dan Efektif untuk Melembapkan Bibir?

Sharon Natalia - detikHealth
Rabu, 23/12/2015 16:00 WIB
Benarkah Madu Aman dan Efektif untuk Melembapkan Bibir?Foto: Thinkstock
Jakarta, Memiliki bibir sehat natural yang lembap dan kemerahan merupakan idaman semua orang. Beragam cara dilakukan untuk menjaga kelembapan bibir, salah satunya dengan mengoleskan madu.

Baca juga: Hindari Bibir Alergi, Adakah 'Aturan' Khusus Memakai Lipstik?

Dikatakan dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre Denpasar, madu memang termasuk salah satu pelembab alami yang paling sering digunakan. Madu tidak berbahaya asalkan penggunanya tidak memiliki alergi terhadap madu.

"Madu umumnya aman sebagai pelembap bibir, kecuali pada orang yang alergi," ungkap dokter yang akrab disapa dr Darma itu kepada detikHealth, seperti ditulis Rabu (23/12/2015).

dr Darma menjelaskan bahwa madu yang kental akan membuat bibir terlihat lebih lembap. Bibir yang lembap dan tidak kering akan terlihat sehat dan kemerahan, sehingga membuatnya lebih segar dan natural.

Menggunakan mentimun, cukupi kebutuhan air minum dan mengonsumsi vitamin C merupakan cara lain yang dapat dilakukan untuk membuat bibir lebih segar. Sebagian orang juga ada yang menggunakan pasta gigi yang dioleskan ke bibir agar bibir tampak merah merona. Namun dr Darma tidak merekomendasikannya.

Ia mengatakan tidak pernah membaca manfaat mengoleskan pasta gigi pada bibir. Meskipun ada manfaatnya sebagai pelembap, sebagian pasta gigi malah dapat menyebabkan iritasi.

"Pada prinsipnya kalau sifatnya sebagai pelembap, mungkin bisa. Tapi perhatikan juga beberapa pasta gigi kadang dapat juga menimbulkan iritasi," terangnya.

Baca juga: Dilakukan Sembarangan, Ganti-ganti Lipstik Bisa Picu Bibir Alergi


(mrs/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit