detikhealth

Bernyanyi dalam Paduan Suara Bisa Jadi 'Resep Baru' Pasien Kanker?

Nurvita Indarini - detikHealth
Senin, 11/04/2016 08:42 WIB
Bernyanyi dalam Paduan Suara Bisa Jadi Resep Baru Pasien Kanker?Foto: thinkstock
Jakarta, Bernyanyi dalam paduan suara mungkin bisa jadi 'resep baru' bagi pasien kanker. Sebab kegiatan yang satu ini ditengarai bisa meningkatkan sistem imun pasien.

Peneliti European Institute of Oncology di Milan melibatkan 193 pasien dalam studinya. Nah, peserta diminta menyanyi dalam paduan suara selama 70 menit. Peserta diminta memberikan sampel air liur dan kuesioner untuk melihat tingkat mood dan stres pada saat sebelum dan setelah latihan.

Baca juga: Rahasia Tubuh Bugar Asyifa Latief: Move, Move, and Move!

Hasil penelitian menunjukkan suasana hati pasien meningkat dan tingkat stresnya menurun. Dari sini peneliti menyebut studi ini berhasil menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh dapat dipengaruhi dengan kegiatan bernyanyi.

Salah satu peserta, Diane Raybould (64) yang turut bernyanyi bersama paduan suara Bridgend Sing with Us sejak 2010 lalu mengatakan dirinya didiagnosis kanker payudara pada 14 tahun lalu. Setelah mengikuti kegiatan bernyanyi, Diane berpendapat kegiatan itu lebih dari sekadar kenikmatan. Sebab dirinya jadi merasa lebih baik.

"Dengan paduan suara, Anda dapat berbagi pengalaman," ujar Diane yang juga pernah kehilangan saudara perempuannya karena kanker payudara.

Baca juga: Kisah Wanda Hamidah 'Perang' Batin Hadapi Tumor Jinak di Payudaranya

Terkait penelitian ini, Kepala Medis American Cancer Society Dr Otis Brawley, menyebut perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan bernyanyi bersama paduan suara bisa menjadi langkah pengobatan yang efektif. Menurutnya perlu penelitian dalam waktu satu dekade atau lebih yang melibatkan ribuan orang untuk mendapatkan kepastian.

(vit/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close