detikhealth

Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi

Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Diet untuk yang Hobi Ngemil

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 20/10/2016 15:07 WIB
Diet untuk yang Hobi NgemilFoto: Thinkstock
Jakarta, Halo Mbak Leona, saya ingin konsultasi mengenai diet atau pola makan yang tepat untuk saya, karena 3 tahun belakangan ini berat badan sudah naik sekitar 16 kg. Saya termasuk orang yang suka ngemil dan makan sedikit, tidak mengonsumsi soda, es dan sangat mengurangi makanan/minuman yang manis. Tapi berat badan malah perlahan-lahan naik, saya sudah merasa tidak nyaman, mudah lelah, napas pendek-pendek, mohon bantuannya. Terimakasih.

Nuning (Wanita, 30 tahun)

Jawab

Halo Mbak Nuning,

Biasanya orang yang banyak ngemil ('grazing') lah yang sulit mengontrol BB tubuh. Karena sering mengemil sehingga tidak ada regulasi lapar/kenyang yang jelas. Sebaiknya perubahan pola makan Anda mulai dengan:
- Jadwal makan yang jelas. 6x sehari. Sarapan-morning tea-lunch-afternoon snack-dinner-supper. Semuanya diseling antara 2-4 jam (tergantung slot waktu Anda). 3 makan besar, 3 makan snack
- Snack di sini adalah buah segar, produk susu rendah lemak, sandwich dengan isi sayur
- Sering-seringlah minum air putih. Selalu sediakan air di meja/ mobil

Tentu hasilnya akan lebih cepat didapat jika ditambah berolahraga ringan. Kalau saya suka sambil nonton youtube di kamar, seperti low impact exercise atau yoga.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga http://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit