detikhealth

Ayo Main di Luar Agar Anak-anak Tidak Kegemukan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 13/12/2016 08:40 WIB
Ayo Main di Luar Agar Anak-anak Tidak KegemukanIlustrasi anak berbain (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta, Sebisa mungkin, orang tua perlu tahu bagaimana trik-trik mencegah kegemukan pada anak. Bukan tanpa alasan, kegemukan pada anak memicu berbagai risiko penyakit di kemudian hari lho.

Oleh sebab itu, orang tua perlu tahu langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan anak tetap terkontrol. Salah satunya adalah meluangkan waktu untuk bermain dengan anak dan membatasi jam anak menonton televisi.

"Saya selalu bilang pada keluarga pasien saya, sediakan waktu lebih untuk melakukan aktivitas fisik. Biasakan juga untuk makan bersama-sama untuk mencegah anak makan berlebihan dan saling mendekatkan satu sama lain," ungkap peneliti dari Massachusetts General Hospital for Children di Boston, Dr Elsie Taveras.

Baca juga: Punya Anak Gemuk Memang Lucu, Tapi Ketahui Juga Risiko Bahayanya

Ia dan rekan-rekannya melakukan studi acak kepada 121 keluarga dengan anak berusia sekitar dua hingga 5 tahun, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan konseling rutin dan dipantau aktivitasnya, sementara kelompok kedua tidak dipantau.

Setelah enam bulan proses studi, peneliti menemukan bahwa anak-anak dalam kelompok konseling cenderung menerapkan pola hidup yang lebih teratur. Mereka punya waktu bermain di luar rumah, tidur lebih teratur, lebih jarang menonton TV dan selalu makan bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Anak-anak dari kelompok ini mengalami penurunan indeks massa tubuh (IMT), sementara anak-anak dari kelompok yang tak dipantau justru mengalami peningkatan indeks massa tubuh.

Studi sebelumnya yang dilakukan oleh University of Michigan Medical School, Amerika Serikat, juga mengungkapkan cara-cara lain yang bisa dilakukan orang tua untuk mencegah kegemukan pada anak, yakni dengan membiasakan anak rajin minum susu.

Dalam studi tersebut ditemukan bahwa rutin minum susu membantu mencegah obesitas pada anak perempuan. Sementara itu, mengikuti klub atau ekstrakurikuler olahraga membantu mencegah obesitas pada anak laki-laki.

Baca juga: Waspada, Anak Korban Bullying Rentan Tumbuh Gemuk

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close