detikhealth

Agar Rambut dan Kulit Kepala Tetap Sehat Meski Berjilbab Seharian, Ini Saran Dokter

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 14/12/2016 07:00 WIB
Agar Rambut dan Kulit Kepala Tetap Sehat Meski Berjilbab Seharian, Ini Saran DokterFoto: thinkstock
Jakarta, Beraktivitas seharian penuh saat memakai jilbab seringkali membuat kulit kepala dan rambut wanita menjadi gatal dan berminyak. Nah, bagaimana perawatan yang tepat agar kondisi kulit kepala tetap sehat meski berhijab?

Kepada detikHealth, dr Eddy Karta, SpKK menjelaskan bahwa berjilbab atau menggunakan penutup kepala seharian dapat memiliki risiko berupa timbunan keringat dan kuman. Efeknya, kondisi kulit kepala pun menjadi lembap. Terutama jika pemakaian dilakukan dalam jangka panjang saat panas terik.

"Oleh karena itu, memang disarankan untuk keramas setiap hari," tutur dokter spesialis kulit dan kelamin di Edmo Clinic Jakarta Selatan ini.

Baca juga: Rambutnya Menipis, Pangeran William Disebut Tampak Lebih Tua 8 Tahun

Banyak wanita khawatir kebiasaan ini akan membuat rambut justru menjadi mudah rontok. Nah, dr Eddy pun menganjurkan supaya cermat memilih sampo yang tepat.

"Istirahatkan rambut ketika di rumah, caranya yakni mengeringkannya dengan udara terbuka. Jangan diikat terus agar tidak mudah rontok," pesan dr Eddy.

Jika memungkinkan, untuk perawatan ekstra guna mencegah rambut rontok para wanita berjilbab bisa menggunakan kondisioner setiap usai keramas. Bisa pula creambath dua kali seminggu, tergantung dari panjang dan tipe rambut.

"Sebagai catatan, sebaiknya hijab tidak dicuci menggunakan pewangi atau pelicin pakaian pada bilasan terakhir. Residu kimia dari fabric softener di kain hijab dapat membuat kulit kepala mudah teriritasi dan gatal saat berkeringat," pungkas dr Eddy.

Bagaimana Caranya Mengatasi Rambut Rontok dan Mencegah Kebotakan? Simak Video Berikut Ini:




Baca juga: Cukur Rambut Bayi Supaya Jadi Makin Tebal, Mitos atau Fakta?

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close