detikhealth

Hoax Kesehatan yang 'Basi Banget' Kalau Masih Muncul Lagi di 2017

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 02/01/2017 09:07 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya 1 dari 5 Next »
Hoax Kesehatan yang Basi Banget Kalau Masih Muncul Lagi di 2017 1 Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Maraknya peredaran informasi hoax dianggap mulai meresahkan, sampai-sampai Polri harus menggeber patroli cyber. Dunia medis pun tidak luput dari gempuran informasi hoax yang menyesatkan.

Di dunia medis atau kesehatan, informasi hoax yang bertebaran biasanya memang tidak terkait dengan provokasi maupun isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan). Namun sama-sama menyesatkan karena banyak yang percaya lalu ikut-ikutan menyebarkannya melalui broadcast message.

Uniknya, kebanyakan informasi hoax tentang kesehatan adalah informasi yang selalu berulang. Sekalipun sudah banyak yang meluruskan, hoax yang sama selalu muncul di tahun-tahun berikutnya. Dan setiap kali hoax tersebut beredar, selalu ada yang percaya.

Tahun baru bisa menjadi momentum yang baik untuk semakin membentengi diri supaya tidak ikut tersesat jika harus berhadapan lagi dengan hoax-hoax tersebut di 2017. Sambil memantapkan kembali resolusi awal tahun, tidak ada salahnya mengingat-ingat sedikit tentang fakta di belakangnya.

Dirangkum detikHealth, berikut ini adalah beberapa informasi hoax yang lumayan sering diluruskan tetapi masih saja sering beredar.


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit