detikhealth

WHO Siap-siap Hadapi Kembalinya Wabah Flu Burung di Dunia

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 25/01/2017 09:02 WIB
WHO Siap-siap Hadapi Kembalinya Wabah Flu Burung di DuniaFoto: thinkstock
Jakarta, World Health Organization (WHO) pada Senin (23/1) mengumumkan agar dunia waspada terhadap kembalinya ancaman flu burung. Di beberapa negara sudah terlihat adanya peningkatan kasus yang berpotensi untuk menjadi wabah.

Direktur Jenderal WHO Margaret Chan mengatakan sejak November 2016 lalu tercatat flu burung sudah muncul di 40 negara. Margaret Ingin agar negara meningkatkan fungsi pengawasan dan menyiasati potensi kasus infeksi pada manusia.

Baca juga: Waspada Flu Burung, Korea Selatan dan Jepang Musnahkan Hampir 20 Juta Unggas

"Semakin meluasnya wilayah geografis penyebaran virus dan banyaknya strain yang terdeteksi menempatkan WHO kini dalam status siaga tinggi," kata Margaret seperti dikutip dari Reuters, Rabu (25/1/2017).

Dibandingkan seperti saat tahun 2009-2010 ketika flu burung jenis H5N1 mewabah, Margaret mengaku bahwa kali ini dunia dalam posisi yang lebih siap. Namun demikian tetap saja belum cukup untuk betul-betul bisa menahan virus bila terjadi wabah.

Di bawah perjanjian dengan beberapa perusahaan farmasi, WHO menjanjikan 350 juta dosis vaksin bagi negara-negara yang berbagi sampel strain virus. Hanya saja suatu negara tetap harus bersiap-siap karena butuh waktu 5-6 bulan sampai vaksin siap didistribusikan.

"Kami tidak biasa membiatkan begitu banyak negara tidak dilengkapi peralatan memadai," kata Margaret.

Beberapa negara yang baru-baru ini terpengaruh oleh kemunculan flu burung di antaranya seperti Jepang, Chili, Kroasia, dan Taiwan.

Baca juga: Di Tahun 2017, Kemenkes Bersiap Hadapi Kembalinya Ancaman Flu Burung

(fds/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit