detikhealth

Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala Agar Tetap Sehat

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 29/01/2017 09:04 WIB
Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala Agar Tetap SehatFoto: Dok. Thinkstock
Jakarta, Memiliki rambut yang sehat adalah impian banyak orang. Tak peduli lurus, keriting, atau ikal bergelombang. Kesehatan dan keindahan rambut harus tetap dijaga.

Seorang pakar dari dari D&I Skin Centre, dr I Gusti Nyoman Dharmaputra, SpKK menerangkan bahwa hal paling utama untuk merawat rambut adalah dimulai dari perawatan kulit kepala. Mengapa? Karena folikel rambut tertanam di bawah kulit kepala.

Lebih lanjut dr Darma menjelaskan, untuk penggunaan sampo, pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut (normal, berminyak, dan kering) dan sebaiknya pilih juga bahan-bahan seperti hair tonic yang tidak terlalu mengiritasi kulit kepala. Selain itu gunakan pula kondisioner agar rambut terasa lembut dan halus.

Baca juga: 6 Mitos dan Fakta Seputar Ketombe Ini Mungkin Belum Pernah Anda Baca

"Kulit kepala, sama hal kulit bagian tubuh lainnya mudah mengalami iritasi yang ditandai oleh kulit kepala kering dan mengelupas dan berketombe," tutur dr Darma.

Disampaikan pula oleh dr Eddy Karta SpKK dari Edmo Clinic untuk mendapat kulit kepala yang sehat selain harus menjaga kebersihan rambut, hindari juga penggunaan bahan kimia.

Khususnya pada kaum perempuan, tanpa disadari kadang melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak kesehatan rambut, seperti mewarnai rambut, penggunaan hair-serum, serta mencatok rambut yang alhasil jika terlalu sering dilakukan rambut akan menjadi kering, pecah-pecah, dan bercabang.

"Sedapat mungkin menghindari kimia dan panas misalnya pengering rambut," pungkas dr Eddy.

Baca juga: Kulit Kepala Gatal dan Mengelupas Seperti Ketombe? Bisa Jadi Ini Sebabnya


(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close