detikhealth

Ini Caranya Agar Fungsi Ginjal Tetap Terjaga

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 26/02/2017 20:03 WIB
Ini Caranya Agar Fungsi Ginjal Tetap TerjagaFoto: Thinkstock
Jakarta, Setiap orang pastinya tidak ada yang menghendaki sakit, oleh sebab itu menjaga kesehatan amatlah penting agar terhindar suatu penyakit. Salah satunya menjaga fungsi ginjal.

Mengapa ginjal merupakan organ yang sangat vital? Meski bentuknya kecil, ginjal bertanggung jawab mengeluarkan racun dari sisa-sisa makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Jika ginjal tak dirawat dengan baik, tentu fungsinya akan menurun dan berdampak kronis. Sebelum terlanjur rusak, sebaiknya jaga organ kecil Anda ini agar tetap baik.

Baca juga: Ini Manfaat Rutin Makan Alpukat pada Pasien dengan Gangguan Ginjal

"Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat sebaiknya cukup minum, hindari alkohol dan rokok, olahraga teratur, tidak konsumsi obat sembarangan, hindari konsumsi rutin minuman suplemen, menjaga kadar gula darah (untuk pasien diabetes)," terang dokter spesialis penyakit dalam dari Siloam Karawaci Hospital, dr Indra Wijaya, SpPD, MKes.

Selain itu, dr Indra, sapaan akrabnya juga menyarankan untuk pasien hipertensi untuk mengontrol tekanan darah, serta rutin melakukan pemeriksaan ginjal jika memiliki beberapa faktor risiko yang mengganggu ginjal, seperti pada pasien dengan hipertensi dan diabetes.

Kemudian, untuk mengetahui masalah pada ginjal dan saluran kemih, seseorang juga dapat lakukan medical check up, apakah dirinya rawan atau mempunyai kemungkinan terkena penyakit ginjal dengan melakukan pemeriksaan laboratorium seperti tes urine.

"Pemeriksaan darah lengkap, tes fungsi ginjal, urinalisis, serta pemeriksaan radiologi seperti: USG/CT-scan ginjal. Dokter akan menyesuaikan pilihan yang tepat bagi tiap pasien," terang dr Indra.

Baca juga: Banyak Minum Kopi, Begini Pengaruhnya ke Ginjal

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit