detikhealth

Gigi Tetap Anak Tak Kunjung Tumbuh? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Rabu, 01/03/2017 13:15 WIB
Gigi Tetap Anak Tak Kunjung Tumbuh? Bisa Jadi Ini SebabnyaFoto: thinkstock
Jakarta, Gigi tetap pada anak biasanya akan tumbuh beberapa saat setelah gigi susunya tanggal. Namun, ada beberapa anak yang mengalami pertumbuhan gigi tetap yang lama.

Menanggapi hal ini, drg Felicia Melati SpKGA dari Bamed Dental Care, mengatakan ada beberapa penyebab gigi tetap anak mengalami pertumbuhan yang lama. Misalnya, anak mengalami karies sehingga gigi susunya tanggal sebelum waktunya.

"Karies kan membuat akar gigi pendek dan goyang, akhirnya copot sebelum waktunya. Nah itu yang membuat seolah-olah pertumbuhan gigi tetapnya lama, padahal nggak," ucap dr Mela kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Ini Alasannya Jangan Tunggu Gigi Anak Tumbuh Semua untuk Cek Rutin ke Dokter

Namun untuk orang tua yang khawatir terhadap pertumbuhan gigi anak, drg Mela mengatakan pertumbuhan gigi tetap anak dapat dilihat dengan foto rontgen. Hal ini untuk memastikan jarak gigi tetap apakah masih jauh atau sudah dekat dengan ujung gusi.

Penyebab lain gigi tetap tumbuh lama yakni adanya jaringan gusi yang menutup. Nah, untuk masalah ini, penanganan yang dilakukan adalah dengan memberikan
sedikit sayatan pada gusi untuk membantu proses pertumbuhan gigi tetap.

"Atau penyebab lainnya karena maloklusi atau ketidakaturan gigi. Misalnya rahangnya kecil dan giginya banyak, kan nggak ada ruangan sehingga nggak bisa keluar giginya," sambung drg Mela.

Untuk mengatasi ketidakteraturan gigi bisa dengan melakukan interceptive orthodontics, misalnya dengan menggunakan behel. Cara ini berguna untuk mendapatkan ruangan dengan cara merenggangkan gigi.

Lantas, apakah ada aturan waktu tanggalnya gigi susu? Menurut drg Mela, aturan tanggalnya gigi susu memang ada, namun saat ini sudah jarang dilaksanakan.

"Biasanya gigi susu tanggal dari yang rahang bawah depan lalu gigi rahang atas depan. Kalau nggak ngikutin aturan risikonya bisa malolkusi," imbuh drg Mela.

Oleh karena itu, ia mengingatkan orang tua untuk segera membawa anak ke dokter gigi saat gigi susunya sudah goyang.

Baca juga: Gigi Tumbuh Berjejal Atau Jarang? Bisa Jadi karena Faktor Keturunan

(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit