detikhealth

Perempuan-perempuan Ini Pernah Mengandung 'Mumi' Bayi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 07/03/2017 09:11 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya 1 dari 4 Next »
Perempuan-perempuan Ini Pernah Mengandung Mumi Bayi 1 Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang perempuan 60 tahun di Jambi kedapatan mengandung janin batu. Janin tersebut telah meninggal di dalam kandungan sejak 37 tahun lalu, lalu membatu atau mengalami mumifikasi.

'Mumi' yang sering disebut janin batu tersebut akhirnya diangkat di RSUD Raden Mattaher, Jambi pada Senin (6/3/2017). Dokter yang menangani pasien tersebut menyebutnya sebagai kasus langka, hanya tercatat 300 kasus serupa dalam 400 tahun terakhir.

"Dalam kasus yang kami tangani, janinnya tumbuh di luar rahim. Karena di luar rahim, dia tidak mendapatkan asupan makanan dari ibunya, akhirnya meninggal dunia," jelas dr Parianto, SpOG, dikutip dari detiknews.

Baca juga: Ibu-ibu yang Pernah Mengandung Janin Batu Selama Puluhan Tahun

Tidak banyak penelitian mengenai fenomena janin batu atau lithopedion dalam kehamilan. Dokter kandungan dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, dr M Nurhadi Rahman, SpOG menyebut kasus seperti ini biasanya terjadi pada kehamilan yang tidak disadari.

"Atau biasanya proses kehamilannya terhenti dan akhirnya janin yang ada di dalam tubuhnya mengalami proses pengapuran dan si ibu juga tidak menyadari hal tersebut," katanya.

Baca juga: Kenali, Penyebab Terjadinya Janin Batu pada Ibu Hamil

Beberapa kasus yang pernah tercatat antara lain sebagai berikut:


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit