Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsumsi Buah Bagusnya Mentah, Dijus, Atau Diblender?

Firdaus Anwar - detikHealth
Sabtu, 11/03/2017 10:04 WIB
Konsumsi Buah Bagusnya Mentah, Dijus, Atau Diblender?Foto: Thinkstock
Jakarta, Untuk mengonsumsi buah biasanya ada tiga metode penyajian yang dilakukan yaitu disajikan secara mentah, diambil sarinya dengan alat juicer, atau dilumatkan dengan blender. Ketiga cara tersebut menurut ahli punya karakteristiknya masing-masing.

Pada anak khususnya dijelaskan oleh konsultan gastrohepatologi anak dr Frieda Handayani Kawanto, SpA (K), dari RS Evasari apabila buah disajikan mentah maka ada tiga manfaat yang bisa didapat. Pertama menstimulasi rahang dengan sang anak mengunyah, kedua keluarnya enzim selulosa dari buah untuk membantu proses penyerapan nutrisi, dan ketiga ada asupan serat larut dan tidak larut.

Serat larut dan tidak larut terutama sangat berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

"Bagaimana kalau diblender? Kalau diblender tentu saja semua enzimnya juga dikeluarkan. Maka dari itu ini juga baik karena lebih mudah didigest tanpa harus mengunyah lebih banyak," ungkap dr Frida dalam acara Healty Eating Habbit beberapa waktu lalu dan ditulis pada Sabtu (11/7/2017).

Baca juga: Bukan Biji Alpukat, Ini Diet yang Tepat untuk Pasien Penyakit Ginjal

Keuntungan diblender buah menjadi lebih halus dan lebih mudah diserap oleh tubuh. Sementara itu kerugiannya karena mulut tidak menguyah maka stimulasi pada rahang hilang.

Terakhir dr Frida menjelaskan bila mengonsumsi buah dengan alat juicer maka seseorang akan tetap mendapat manfaat nutrisinya namun lebih minim serat. Hal tersebut karena juicer memisahkan sari-sari buah dengan 'ampas' yang sebetulnya adalah serat tidak larut.

"Buah atau sayur yang masuk ke juicer akan dipisahkan. Seratnya banyak terbuang tapi dari segi vitamin dan mineral masih ada di dalam cairan jus tersebut," tutup dr Frida.

Baca juga: Tak Cuma Bikin Langsing, Makan Sayur dan Buah Juga Bikin Happy(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit