detikhealth

Wanita Ini Ungkap Diet Vegan Bantu Atasi Jerawat yang 'Penuhi' Wajahnya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 14/03/2017 17:50 WIB
Wanita Ini Ungkap Diet Vegan Bantu Atasi Jerawat yang Penuhi WajahnyaFoto: Instagram @asprinkleofhealthandbeauty
Lancashire, Punya jerawat cukup parah, Rachel Crawley (22) berupaya menyembuhkannya melalui pola makan sehat. Diet vegan pun menjadi pilihannya.

Dikutip dari Daily Mail, Crawley menceritakan bahwa dirinya memiliki jerawat yang cukup banyak dan parah di bagian wajah sejak masih berusia 16 tahun. Kondisi jerawat yang semakin memerah itu membuatnya kerap menjadi bahan ejekan di media sosial.

Crawley bahkan sempat mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam ajang Miss Preston Beauty Pageant. Namun karena malu pada kondisi wajahnya, ia mengurungkan niat tersebut. Tak ingin terus-menerus terpuruk dengan kondisi itu, Crawley pun berupaya mencari cara untuk sembuh.

Hal pertama yang ia lakukan adalah mengubah pola makannya dengan menjauhi produk susu, gula, gluten, dan daging. Ia juga menerapkan diet vegan. Secara rutin, ia mendokumentasikan aktivitasnya tersebut dalam akun Instagram-nya, @asprinkleofhealthandbeauty.

Dalam pola makan sehari-harinya, Crawley juga lebih memilih untuk mengonsumsi makanan alami dan menjauhi gula serta pemanis buatan. Sayur-sayuran dan buah pun menjadi menu andalannya. Tak lupa ia juga selalu meminum air putih secara rutin.
Wanita Ini Ungkap Diet Vegan Bantu Atasi Jerawat yang 'Penuhi' WajahnyaFoto: Instagram @asprinkleofhealthandbeauty

Baca juga: Agar Vegetarian Tak Kekurangan Gizi, Begini Aturan Makanannya

Secara perlahan tapi pasti, jerawat-jerawat di kulit wajah Crawley berangsur-angsur menghilang. Ia pun ingin menceritakan kisahnya melalui media sosial untuk menginspirasi para gadis remaja untuk mencintai diri sendiri melalui hidup sehat.

"Saya ingin mereka meyakini bahwa hidup sehat itu sangatlah penting. Semua gadis cantik tak peduli bagaimanapun kondisinya. Tak perlu menjadikan orang lain sebagai bahan ejekan," tutur Crawley.

Kini empat tahun setelah menerapkan diet vegan, kulit wajah Crawley benar-benar bebas dari jerawat. Ia bahkan sempat tak mengenali dirinya sendiri saat bercermin. Kembali ditawarkan untuk mengikuti ajang Miss Preston Beauty Pageant periode tahun 2017, Crawley pun bersemangat.

"Menjadi pemenang tentu sangat luar biasa, tapi di sini saya hanya ingin menunjukkan bahwa saya bisa melakukannya dan mudah-mudahan bisa membuat remaja lain percaya diri dan juga meyakini dirinya sendiri. Saya tidak ingin mereka merasa tertekan karena di-bully seperti saya dulu," imbuh Crawley.

Dikutip dari buku 'Diet Enak ala Vegetarian' yang ditulis oleh Drs Susianto, dr Hendry Widjaja, MARS dan Helda Mailoa, SST Gizi, istilah vegan adalah vegetarian murni yang hanya mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayur dan buah. Kelompok ini sama sekali tidak mengonsumsi makanan hewani seperti daging ternak, daging unggas, ikan, susu, telur dan produk olahannya.

Tak cuma berupa produk pangan, mereka yang vegan juga umumnya tidak menggunakan semua produk yang dihasilkan oleh binatang, termasuk madu, bahan kulit, sutera, wool, dan gelatin.

Baca juga: Awet Muda Meski Sudah Punya Cucu, Wanita Ini Klaim Diet Vegan Rahasianya(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit