Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Hati-hati, Sering Stres Bisa Merusak Imun dan Bikin Gampang Sakit

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Jumat, 17/03/2017 15:32 WIB
Hati-hati, Sering Stres Bisa Merusak Imun dan Bikin Gampang SakitFoto: thinkstock
Jakarta, Jika Anda tak ingin gampang sakit di musim hujan ini, selain menerapkan diet sehat dan rutin olahraga, Anda juga perlu mencari cara untuk jauh dari stres. Alasannya, stres dapat merusak imun.

Dikutip dari Time, pakar kesehatan Gail Saltz menyebutkan ketika Anda stres maka tubuh akan memasuki fase yang berbeda. Fase ini mengikis kemampuan imun untuk menjaga tubuh dari berbagai virus dan bakteri yang masuk.

Tak heran jika kemudian saat stres Anda pun akan menjadi mudah jatuh sakit. Akibat dari menurunnya kekebalan tubuh ini, Anda juga menjadi lebih rentan sakit kepala, sakit tenggorokan, mengalami masalah pencernaan, dan bahkan insomnia.

"Saat sedang ada masalah pemicu stres, Anda dapat dengan mudah mengurangi beberapa efek negatifnya dengan cara sederhana. Salah satunya adalah tarik napas dalam dan lambat. Ini dapat membantu mengurangi kadar stres," ungkap Saltz.

Baca juga: Kadar Stres Ibu Sebelum Hamil Terkait Risiko Eksim pada Bayi

Selain itu, Anda juga bisa membiasakan diri berolahraga secara teratur. Untuk menjaga mood tetap stabil, jenis olahraga yang bisa Anda pilih misalnya yoga. Diet sehat juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Tak cuma pada dewasa, efek penurunan imun akibat stres juga berlaku pada anak-anak. Studi dari American Psychosomatic Society menemukan bahwa stres benar berdampak buruk pada tumbuh kembang anak.

Meliisa Bright selaku ketua studi di University of Florida's Institute of Child Health Policy mengatakan bahwa anak-anak yang memiliki banyak pengalaman buruk dan sering stres berisiko tinggi mengalami gangguan mental, fisik, dan penurunan kemampuan belajar.

Dalam studinya, Melissa dan tim mengkaji data dari 96.000 anak di Amerika Serikat lengkap dengan berbagai pengalaman buruk yang dialami. Dari hasil studi, peneliti menghubungkan pengalaman buruk yang disebut sebagai stres kronis bisa menjadi racun bagi pikiran dan tubuh.

"Akibatnya terjadi perubahan neuroendokrin tubuh sehingga sistem imun menurun dan anak jadi mudah sakit-sakitan karena pengalaman buruk pada anak bisa mempengaruhi kesehatannya secara holistik. Meskipun, pengalaman buruk itu tidak berhubungan secara langsung," papar Melissa.

Baca juga: Sedang Sedih Jangan di Rumah Saja, Sinar Matahari Bikin Happy Lho(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit