Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Pentingnya Rileks dan Me Time untuk Ortu dengan Anak Berkebutuhan Khusus

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Minggu, 19/03/2017 14:03 WIB
Pentingnya Rileks dan Me Time untuk Ortu dengan Anak Berkebutuhan Khusus Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Wajar jika anak berkebutuhan khusus (ABK) harus mendapatkan perawatan dan perhatian yang lebih dari orang tuanya. Kondisi ini rentan memicu stres. Untuk itu, ada hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko stres yang rentan dialami orang tua dengan ABK.

Menurut psikolog Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd setiap orang tua yang memiliki ABK harus bisa mengatur energinya secara rileks. Sebab ketika orang tua stres hal tersebut dapat berdampak pada anak.

"Santai, nggak usah terlalu nge-push anak, nanti orang tua stres dan anak juga jadi stres. Jadi ikutin sesuai saran ahli saja," kata wanita yang akrab disapa Diana ini kepada detikHealth di sela-sela konferensi pers peluncuran App Spokle di Mercure Hotel, Jalan Raya Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (18/3/2017).

Baca juga: Anak Berkebutuhan Khusus Alami Pubertas, Ini yang Harus Diperhatikan Orang Tua

Lebih lanjut, wanita lulusan Universitas Indonesia ini mengatakan orang tua juga perlu memiliki support system yang baik guna menghindari stres. Ia memberi contoh, orang tua bisa mengurus anak dengan bantuan orang lain maupun aplikasi.

Kemudian, yang tak kalah penting adalah management waktu. Di mana orang tua, khususnya ibu yang merawat anaknya ketika di rumah memiliki 'me time'.

"Kalau anak lagi sekolah atau terapi, ibu bisa itu pergi ke salon satu jam buat creambath. Well beingnya orang tua juga penting untuk perkembangan anak," imbuh Diana.

Baca juga: Pentingnya Terapi Sejak Dini pada Anak Berkebutuhan Khusus

(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit