detikhealth

Diet Experience

Begini Cara Muchlis Turunkan Bobot 23 Kg dalam 5 Bulan, Mau Coba?

Muchammad Muchlis - detikHealth
Rabu, 05/04/2017 12:35 WIB
Before
After
Jakarta - Berawal dari tak percaya diri dengan berat badan 112 kg, Muchammad Muchlis (28) berupaya mengubah pola hidupnya dan sukses turunkan bobot menjadi 89 kg dalam waktu lima bulan. Seperti apa ya pola dietnya?

Dengan tinggi badan 181 cm dan berat badan barunya, kini Muchlis pun jadi jauh lebih percaya diri. Namun ia tetap menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kestabilan berat badannya. Berikut kisah Muchlis, seperti ditulis detikHealth pada Rabu (5/4/2017):

Berakit-rakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Dalam peribahasa tersebut kita dapat pemikiran kalau ingin mendapatkan sesuatu, maka harus ada niat dan kerja keras. Berawal saya yang bermalas-malasan menjaga pola makan dan olahraga teratur, Alhamdulilah sekarang mampu dan dapat hasil memuaskan.

Sebelumnya saya punya bobot 112 kg dengan tinggi badan 181 cm. Menurut saya ini tidak proporsional, dalam beberapa aplikasi yang saya coba bahkan saya masuk kategori overweight. Meski awalnya santai, lama-kelamaan saya risi juga apalagi susah cari ukuran baju yang besar.

Berbagai cara diet pun saya coba dari makan nasi merah, juga olahraga fitnes dan renang, tapi hasilnya seperti kurang terlihat. Akhirnya saya coba lagi dengan cara lain, yang penting diawali dengan niat. Soalnya saya mau tampil beda saat wisuda hehehe.

Untuk makan, saya masih makan nasi putih dengan lauk apa adanya tanpa batasan. Yang penting saya mengurangi porsi nasinya dan memperbanyak porsi sayur. Untuk waktunya, saya juga membatasi maksimal tiga jam sebelum tidur malam. Saya juga hobi minum jus stroberi tanpa gula dan susu.

Untuk latihan, saya joging teratur minimal 4 km tiap dua hari sekali. Meski awalnya terasa berat, tapi kemudian saya terbiasa. Malam harinya saya fitnes kardio minimal 3 kali seminggu (MMA/Mix Martial Art, body combat dan treadmill). Saya juga basket dua kali seminggu. Alhasil H-15 menjelang wisuda bobot saya turun menjadi 89 kg.

Alhamdulilah semua kerja keras membuahkan hasil dengan gaya hidup sehat jadi lebih bugar, tidak cepat ngantuk, dan tidak kesulitan memilih baju maupun celana. Tadinya baju ukuran XXL sekarang jadi L, celana yang tadinya ukuran 42 sekarang juga jadi 34. Terima kasih.

Baca juga: Makan Malam dengan Kentang Rebus, Yus Sukses Turunkan Bobot 15 Kg



(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit