detikhealth

Artikel 18+

Terjadi 'Gancet', Adakah Hubungannya dengan Posisi Bercinta?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 19/04/2017 20:12 WIB
Terjadi Gancet, Adakah Hubungannya dengan Posisi Bercinta?Foto: Thinkstock
Jakarta, Kesialan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk saat bercinta. Entah seliar apa gerakan bercinta yang dilakukan sehingga menyebabkan penis 'terjebak' di dalam vagina alias gancet. Kira-kira hal ini ada hubungannya nggak ya dengan posisi bercinta? Bagaimana pakar menanggapi hal ini?

"Posisi tidak berpengaruh," demikian tutur pengasuh konsultasi kesehatan seks, dr Andri Wanananda MS saat berbincang dengan detikHealth beberapa waktu lalu.

Lantas, adakah posisi-posisi bercinta yang berisiko membuat vagina kejang sampai menjepit penis? Dikatakan dr Andri hampir tidak mungkin, sebab bila penis dipaksakan penetrasi, maka vagina akan terasa panas dan pedih.

"Secara refleks wanita akan mengelak atau menghindar," imbuh dr Andri yang juga menjadi staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.

Baca juga: Fenomena 'Gancet' Saat Bersetubuh, Benarkah Bisa Terjadi?

Terkait dengan hal ini, belum lama beredar sebuah video sepasang kekasih di Kenya mengalami kejadian alat vital mereka yang tidak bisa lepas satu sama lain saat berhubungan badan di sebuah hotel.

Bila hal itu benar-benar terjadi, menurut dr Andri secara logika kemungkinan terjadi vaginismus yang tidak murni, dengan dugaan pada awal berhubungan intim penis bisa masuk tapi tersentak oleh suasana yang tidak nyaman.

"Bisa external, misalnya kepergok ketahuan selingkuh. Bisa internal, suasana hati merasa 'guilty' (menyesal atau bersalah) pada sang perempuan, hingga secara spontan otot vaginanya mengejang keras, hingga menjepit penis pada posisi senggama doggie atau rear entry position," jelas dr Andri.

Dalam dunia medis, imbuh dr Andri, vaginismus ialah kejang dan merapatnya otot vagina sehingga penis tidak bisa penetrasi ke dalam vagina saat awal senggama. Berbeda dengan dyspareuni, yaitu penis bisa penetrasi ke dalam vagina, tapi dirasakan amat pedih dan nyeri oleh sang istri.

Baca juga: Hal-hal Seputar Fenomena 'Gancet' yang Perlu Disimak

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close