detikhealth

Ada Serangan Ransomware, Menkes Harap Besok Layanan RS Sudah Pulih

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 15/05/2017 14:05 WIB
Ada Serangan Ransomware, Menkes Harap Besok Layanan RS Sudah PulihFoto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta, Beberapa hari lalu dilaporkan terjadi serangan siber global yang menghantam 99 negara termasuk Indonesia. Program virus ransomware bernama WannaCrypt tersebut menyerang komputer-komputer di instansi seperti rumah sakit.

Ketika sebuah komputer terinfeksi maka data-datanya akan menjadi tak bisa diakses alias disandera. Ransomware lalu meminta sang pengguna komputer untuk mengirimkan sejumlah uang bila ingin kembali memperoleh datanya.

Dua rumah sakit (RS) rujukan nasional yaitu RS Dharmais dan RS Harapan Kita diketahui termasuk di antara salah satu instansi yang terpengaruh oleh virus ini.

Baca juga: Sadis Banget, Rumah Sakit Ikut Diserang Teroris Siber

Menteri Kesehatan Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), mengatakan pihak RS Dharmais dan Harapan Kita sendiri telah melakukan tindakan back-up data. Namun mungkin akan tetap terasa dampaknya untuk satu hari. Diharapkan besok layanan di kedua rumah sakit tersebut sudah benar-benar pulih.

"Hari ini pasti akan terganggu sih pasti. Memang sudah back-up data tapi kan mesti harus diinstall lagi untuk pelayanan dan sebagainya," kata Menkes Nila ketika ditemui di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2017).

"Tentu mengerikan juga kalau semua data kena... Persoalannya kan pelayanan dan data pasien. Kalau saya sakit harusnya kan udah punya file jadi berobat lagi gampang saya tahu terakhir dikasih obat apa," lanjutnya.

Menkes Nila sendiri mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informastika (Kominfo). Imbauan untuk menangkal ransomware sudah disebar sehingga diharap kerusakan data tak bertambah parah.

Baca juga: Dapat 'Serangan Fajar' Ransomware, RS Dharmais Amankan Data(fds/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit