detikhealth

Bantu Kontrol Nafsu Makan, Biru Jadi Warna Ideal untuk Dapur

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 16/05/2017 18:03 WIB
Bantu Kontrol Nafsu Makan, Biru Jadi Warna Ideal untuk DapurFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Salah satu tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu program penurunan berat badan adalah saat memilih warna cat tembok untuk dapur. Dari segi psikologi, beberapa warna tertentu sering dikaitkan dengan pengontrolan nafsu makan yang lebih baik.

Warna yang disebut-sebut ideal digunakan sebagai warna cat tembok untuk dapur adalah biru. Dikutip dari Web MD, warna ini dianggap memiliki sifat yang menenangkan dan membantu mengontrol nafsu makan lebih baik. Sebaliknya, warna seperti merah, kuning atau jingga justru dapat meningkatkan nafsu makan.

Selain warna biru, warna serupa lainnya seperti ungu atau indigo juga bisa menjadi pilihan untuk dapur atau ruang makan. Jangan khawatir jika Anda terlanjur mengecat dapur dengan warna lain, Anda bisa mengaplikasikan warna biru sebagai dominan pada peralatan dapur dan makan seperti piring.

Baca juga: Tak Cuma Bikin Kenyang, 4 Camilan Ini Juga Bantu Bakar Lemak

Konsultan warna dari Old Greenwich, Leslie Harrington, menyebutkan bahwa warna pada rumah tak sekadar menjadi keindahan saja, tapi juga turut memengaruhi kejiwaan dan psikis dari penghuni,

"Kombinasi warna putih dan biru bisa dijadikan warna ideal untuk dapur. Namun jika Anda tak menyukainya, Anda bisa memilih warna cerah seperti merah atau kuning. Tapi hati-hati sebab warna-warna ini dapat merangsang nafsu makan," tutur Harrington.

Selain biru, hijau juga bisa menjadi alternatif Anda. Warna ini memberi kesan segar dan menciptakan perasaan damai, yang pada akhirnya diyakini turut mempromosikan gaya hidup bebas stres yang sehat. Selain pada tembok, warna hijau bisa Anda aplikasikan juga pada peralatan dapur atau perabotan lainnya seperti meja makan, kursi makan atau gorden. Perubahan kecil ini diyakini pakar dalam jangka panjang dapat memengaruhi psikis dan mood.

Baca juga: 6 Tips Ubah Perabotan dan Dekor Rumah untuk Turunkan Berat Badan(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit