detikhealth

Bocah 9 Tahun Cedera Saat Bermain Trik dengan Fidget Spinner

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 19/05/2017 15:05 WIB
Bocah 9 Tahun Cedera Saat Bermain Trik dengan Fidget SpinnerFoto ilustrasi: amazon
Jakarta, Fidget spinner atau spinner adalah mainan yang kini tengah populer dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa di seluruh dunia. Bentuknya seperti piringan cakram kecil dengan bearing sehingga dapat diputar-putar.

Pada awalnya spinner ini dijual sebagai mainan yang diklaim dapat meredakan stres dan meningkatkan fokus. Namun kini spinner lebih terkenal dengan orang-orang mencoba melakukan berbagai macam trik menggunakannya.

Baca juga: Fidget Spinner Disebut Bisa Redakan Stres, Ini Tanggapan Psikolog

Nah ketika sudah mulai mengeksplorasi spinner dari pemakaian yang normalnya ini kadang bisa muncul kejadian tak diinginkan. Seperti yang dialami oleh seorang bocah perempuan 9 tahun dari Syracuse, Amerika Serikat.

Alexa saat itu tengah berkendara dengan ibunya di dalam mobil. Lalu tiba-tiba saja sang spinner yang tengah berputar mengenai gigi membuatnya patah.

"Tiba-tiba saja saya mendengar anak saya berteriak 'gigiku!'. Saya melihat ke belakang bertanya 'ada apa?'. Dia bilang fidget spinner mengenai mulutnya dan memberikan saya sebagian giginya," ujar sang ibu, Michelle, seperti dikutip dari WSYR-TV, Jumat (19/5/2017).

Untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi Alexa harus menemui dokter gigi dan menjalani perawatan saluran akar gigi. Michelle berharap kasusnya tidak terjadi pada anak lain dan mengingatkan agar orang tua selalu hati-hati.

"Hati-hati dan waspada. Hal seperti ini bisa terjadi. Sudah terjadi," pungkas Michelle.

Ya, mainan apapun, termasuk fidget spinner bisa mengakibatkan cedera atau luka pada anak jika kurang berhati-hati. Karena itu sebagai orang tua, kita perlu mengingatkan anak untuk tidak memainnkannya dengan cara yang berbahaya. Selain itu, ada baiknya Anda mendampingi si kecil saat sedang bermain sehingga mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Hati-hati, Bagian Fidget Spinner Ini Bisa Bikin Tersedak

(fds/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit