detikhealth

Terjadi Lagi, Gadis di Indiana Tersedak Fidget Spinner

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 12/06/2017 16:07 WIB
Terjadi Lagi, Gadis di Indiana Tersedak Fidget SpinnerIlustrasi fidget spinner/foto: thinkstock
Jakarta, Petugas pemadam kebakaran asal Indiana mewanti-wanti para orang tua terhadap mainan yang kini tengah digandrungi yaitu fidget spinner, setelah ada insiden sang putri hampir tersedak sepotong logam dari mainan ini.

Dilansir dari Foxnews.com, berdasarkan postingan yang ada pada laman Facebook Dacatur Township Fire Department's beberapa waktu lalu, saat sang putri tengah duduk di kursi belakang mobil dan memutar mainan tersebut, diketahui salah satu bantalan logam patah dan mental ke dalam mulut.

"Sekitar 5 menit saya menepuk-nepuk belakang punggungnya dan ia batuk, namun logam malah masuk ke dalam perutnya," tulis orang yang mengevakuasi anak tersebut.

Gadis tersebut kemudian dirawat di rumah sakit, dalam foto x-ray menunjukkan ada potongan logam yang terjebak di dalam perut gadis itu. Akhirnya dengan pertolongan medis, logam tersebut berhasil dikeluarkan.

Terjadi Lagi, Gadis di Indiana Tersedak Fidget SpinnerFoto x-ray potongan logam di perut seorang gadis/Facebook Decatur Township Fire Department
Baca juga: Fidget Spinner Dicurigai Bisa Mengandung Timbal Berbahaya

"Syukurlah ini berjalan baik, tapi perlu diketahui bahwa hal itu dapat menimbulkan bahaya tersedak," departemen memperingatkan.

Fidget spinner terbuat dari bahan plastik, logam dan bantalan bola. Baik di toko-toko maupun pengecer online, mainan ini seolah wajib dimiliki. Mainan ini diperkenalkan pertama kali untuk mereka dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) dan autisme.

Kebanyakan mainan ini juga telah dilarang di banyak ruang kelas setelah para guru mengklaim bahwa fidget spinner mengganggu proses belajar. Orang tua sepakat bahwa mainan tersebut pun memiliki potensi bahaya anak tersedak.

Pada bulan Mei, seorang ibu juga menulis sebuah postingan di Facebook dan menceritakan kejadian yang menimpa sang anak, bahwa bagian dari fidget spinner ini sempat bersarang di leher putrinya, saat membersihkan mainan tersebut dengan mulutnya.

"Dia menunjuk tenggorokannya dan mengatakan dia telah menelan sesuatu, jadi saya membantunya dengan melakukan manuver Heimlich, tetapi tak berhasil," tulis sang ibu.

Ahli bedah akhirnya memindahkan potongan mainan tersebut melalui prosedur endoskopi.

Baca juga: Hati-hati, Bagian Fidget Spinner Ini Bisa Bikin Tersedak(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close