detikhealth

5 Tren Yoga Unik Sepanjang Masa

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Sabtu, 17/06/2017 03:22 WIB
5 Tren Yoga Unik Sepanjang MasaYoga menuntut kelenturan tubuh (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Yoga tidak melulu berdiam diri di matras dengan posisi yang sulit. Beberapa jenis yoga justru memadukan olahraga yang satu ini dengan sejumlah hal 'unik' sehingga membuatnya lebih menyenangkan.

Dilansir dari sltrib.com, berikut ini jenis yoga tidak biasa yang ada di berbagai belahan dunia. Mungkin Anda tertarik untuk mencoba satu di antaranya?

1. Yoga Telanjang
Nude yoga atau yoga telanjang pertama kali muncul di negara barat pada masa hippie tahun 1960-an, namun tidak mendapatkan respons yang baik. Di tahun 2001, yoga tanpa busana ini terkenal dikarenakan kelas yang dibuka oleh lelaki tampan bernama Aaron dari New York City.

Yoga ini pun menjadi semakin populer dan banyak ditiru setelahnya. Yoga telanjang diyakini menghilangkan rasa malu dan negatif yang berhubungan dengan tubuh dan menanamkan kepercayaan pada para peminatnya.

2. Yoga Ganja
Remedy Yoga di Los Angeles adalah salah satu studio yang membuka kelas yoga ganja. Meskipun banyak orang yang ragu bahwa ganja baik untuk teman yoga, namun ada beberapa yang percaya bahwa yoga dan ganja adalah pasangan yang cocok. Menurut kelompok yang pro terhadap hal ini, keduanya adalah aktivitas sosial yang memiliki efek menenangkan dan euforia pada tiap individu.

3. Yoga Karaoke
Untuk Anda yang suka menyanyi, nampaknya yoga yang satu ini bisa jadi pilihan. Praktisi yoga karaoke akan mengajak Anda bernyanyi, menari, berkeringat dan meregangkan otot-otot sebagai upaya menuju kegembiraan dan kebugaran fisik. Ada dj, layar yang disediakan untuk mengikuti lirik.

Walaupun latihannya terlihat sedikit lebih longgar dari kelas yoga konvensional, unsur fokus dan keseimbangannya tetap ada. Alunan lagu-lagu dari Elton John, Journey and the Beatles adalah bagian dari pengalaman emosional yang terkadang membuat anggota kelas tertawa atau menangis.

Selain menyehatkan, yoga juga menenangkanSelain menyehatkan, yoga juga menenangkan (Foto: Thinkstock)


Baca Juga: Yoga Sembari Bermain dengan Kucing-kucing Lucu, Siapa mau Coba?

4. Beer Yoga
Dua orang instruktur di Jerman, Emily dan Jhula membuat terobosan untuk membuat kelas yoga yang lain dari biasanya. Pesertanya mendapat 2 botol bir sebagai alat bantu. Bukan untuk diminum saat kelas berlangsung, melainkan diletakkan di kepala sembari melakukan pose-pose menantang seperti Tree Pose. Variasi ini menuntut keseimbangan yang baik, yang artinya butuh core muscle yang sangat kuat.

Baca juga: Unik Nih! Yoga Dipadukan dengan Miras, Lahirlah 'Beer Yoga'

Simak juga videonya di sini:



5. Doga
Yoga dipadukan dengan hewan kesayangan berbulu lembut bisa membuat ketenangan jiwa lebih mudah didapat. Yoga anjing, atau doga, menggabungkan mediasi, peregangan dan ketenangan untuk anjing dan rekan manusia mereka. Hal ini diyakini karena anjing disebut-sebut sebagai hewan yang secara alami mampu menjalin hubungan baik dengan makhluk lain.

Yoga bersama kambingYoga bersama kambing (Foto: Lainey Morse - CNN)


Baca Juga: Siapa yang Mau Yoga Bersama Kambing?

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit