detikhealth

Serum Berlian Diklaim Bisa Cerahkan Warna Kulit, Mau Coba?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Senin, 19/06/2017 15:03 WIB
Serum Berlian Diklaim Bisa Cerahkan Warna Kulit, Mau Coba?Foto: Thinkstock
Jakarta, Fungsi berlian bukan sekedar untuk perhiasan, namun juga untuk membantu Anda mendapatkan wajah tanpa cela. Beberapa produsen produk kecantikan seperti Beauty Lab mengklaim bahwa serum berlian hitam dapat meningkatkan jumlah kolagen pada kulit sehingga warna kulit menjadi lebih cerah.

Dr Garry Moss, seorang peneliti dari sekolah farmasi Keele University pun menyebutkan bahwa serum berlian memang dapat membantu merawat kulit seperti dikutip dari Daily Mail UK, Senin (19/6/2017). Akan tetapi, anggapan bahwa berlian adalah bahan terbaik untuk merawat kulit ternyata tidak begitu adanya.

Baca Juga: Tak Perlu Ribet, Begini Tips Perawatan Kulit Wajah Menurut Dokter

Menurut Dr Moss, ada beberapa bahan yang lebih murah dan juga memiliki dampak yang sama seperti halnya berlian. Salah satunya ada mika yang merupakan salah satu dari jenis mineral lain.

Sedangkan, menurut Barbara Olioso, pendiri dari perawatan kulit Forest Secret mengatakan sejumlah mineral dan batu permata memang memiliki kelebihannya tersendiri. "Perak misalnya sudah terbukti memiliki antibakteri, nano partikel pada emas pun juga menunjukan adanya perubahan berarti pada produksi kolagen meskipun penelitiannya diteliti lewat tabung bukan kulit," ujarnya.

Sedangkan berlian, disebut-sebut dapat menyamarkan keriput pada wajah dan membuatnya tampak lebih cerah. Namun, klaim bahwa berlian dapat merangsang mikrosirkulasi (aliran darah ke pembuluh darah terkecil) belum dapat dibuktikan lewat penelitian.

Baca Juga: Hati-hati, Jangan Sembarangan Gunakan Krim untuk Area Kulit Kelamin

Oleh karenanya, Olioso mengingat pentingnya mencari tahu kebenaran dari penawaran suatu produk. "Beberapa klaim yang disebutkan dari produk kecantikan adalah strategi pemasaran untuk mendapatkan harga yang tinggi di pasaran," terangnya.

(ajg/ajg)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit