detikhealth

Gemar Junk Food, Obama Bakar Kalori dengan Cara Ini

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 30/06/2017 17:52 WIB
Gemar Junk Food, Obama Bakar Kalori dengan Cara IniBarack Obama dan keluarganya juga menggemari junk food, tetapi mereka aktif mengimbanginya dengan makan sayur dan olahraga rutin. (Foto: Reuters)
Jakarta, Kendati hidup dan makan sehat, baik Barack Obama dan istrinya, Michelle punya 'kelemahan' juga soal makanan. Mereka sama-sama menyukai junk food.

Bila Obama menggemari burger, pizza dan hot dog, maka sang istri mengaku lemah terhadap kentang goreng. Selain junk food khas Amerika, presiden AS ke-44 itu juga doyan cemilan ala Meksiko yang pedas seperti guacamole dan nachos.

Michelle juga pernah mengakui jika kedua putrinya, Sasha dan Malia 'bisa makan burger, kentang goreng, pai, kue, es krim setiap hari jika mereka mau'. Tetapi mengingat Michelle memang sedikit cerewet soal pola makan, anak-anak pun membatasi kegemarannya makan burger atau hot dog hanya untuk kesempatan tertentu saja.

Kendati begitu, Obama mengimbangi kegemarannya itu dengan mengonsumsi beragam sayuran. Bahkan ketika memesan pizza di salah satu restoran Italia favoritnya, ia selalu meminta pizza dengan topping sayuran.

"Di keluarga saya, sayuran dimasak dengan cara direbus. Yang pasti jika Anda terbiasa makan sayur, Anda telah membentuk kebiasaan baik yang akan berguna untuk seumur hidup Anda," katanya dalam sebuah kesempatan dan dikutip dari Telegraph.

Baca juga: 6 Rahasia Diet dan Olahraga Agar Tubuh Bugar Ala Michelle Obama

Di sisi lain, majalah Men's Health pernah menulis bahwa saat masih menjabat sebagai presiden, Obama selalu menyempatkan diri untuk berolahraga di tengah kesibukannya. Ia dikabarkan memiliki kebiasaan bangun pukul 07.00 pagi untuk berolahraga, ditambah lagi ada fasilitas gym di Gedung Putih.

Dalam sehari, Obama biasanya menghabiskan waktu untuk berolahraga selama 45 menit. Jenis olahraga yang dipilih merupakan kombinasi antara latihan kardiovaskular dan strength training (latihan kekuatan).

Dikutip dari WebMD, Obama melakukan latihan kardiovaskular ddengan treadmill atau mesin elliptical selama 15 menit. Ia memberikan porsi dua hari untuk latihan kardio, dan empat hari sisanya untuk kekuatan atau strength training.

Baca juga: Doyan Kuliner, Salah Satu Kunci Sehat Obama?

Di sela-sela junk food, Obama pun mengimbanginya dengan ngemil buah dan kacang. Dikutip dari The Daily Meal, saat menduduki jabatannya sebagai presiden AS ke-44, Obama selalu menyiapkan semangkuk apel di meja kerjanya.

Sedangkan dalam perjalanan atau ketika sedang melakukan kunjungan, Obama tak jarang didampingi berbagai jenis kacang semisal almond, pistachios, Planters trail mix (campuran kacang, coklat M&M, kismis dan almond) serta protein bar untuk meredam keinginan ngemilnya.

Menurut mantan pengawalnya, Reggie Love dalam sebuah wawancara, Obama gemar makan kacang macadamia yang dibungkus coklat. Tak heran bila kacang ini juga selalu tersedia di Gedung Putih.

Baca juga: Obama Doyan Makanan Pedas, Ini Sederet Dampaknya Bagi Tubuh(lll/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit