detikhealth

Para Ahli Bedah Plastik Rumuskan Rasio Bokong Ideal, Beyonce Jadi Patokan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 02/07/2017 13:14 WIB
Para Ahli Bedah Plastik Rumuskan Rasio Bokong Ideal, Beyonce Jadi PatokanBeberapa gerakan olahraga seperti squat cukup efektif mengencangkan otot-otot gluteus di bokong (Foto: thinkstock)
Jakarta, Umumnya, bokong yang terlalu lebar sama tidak menariknya dengan bokong yang terlalu tepos. Para ahli bedah plastik sedunia baru-baru ini menemukan rumus proporsi idealnya.

"Bokong sempurna untuk perempuan adalah 42,86 persen lebih lebar dari pinggang," kata Paul Heidekrueger dari the Technical University Munich, dikutip dari Dailymail.

Rumusan ini diambil dari panel ahli yang sekurang-kurangnya melibatkan 583 dokter bedah plastik. Seorang model berusia 27 tahun menjadi sukarelawan, untuk diambil fotonya dan diedit secara digital untuk mendapatkan berbagai ukuran bokong.

Respons panel tersebut cukup beragam, tetapi tidak terlalu signifikan perbedaannya antara dokter dengan orang awam. Demikian juga, gender maupun negara asal para anggota panel juga tidak banyak berpengaruh pada preferensi ukuran bokong ideal.

Baca juga: Wanita-wanita dengan Bokong Paling Aneh, Gepeng hingga Terbesar di Dunia

Banyak duduk bisa membuat bokong melebar? Simak di video Fun Fact berikut ini:


Studi ini juga menetapkan penyanyi Beyonce Knowles-Carter sebagai pemilik bokong tipe 'klasik'. Dan demi mendapatkan bokong seperti Beyonce, permintaan butt lift atau operasi mengencangkan bokong di Amerika Serikat meningkat 20 persen pada tahun 2014 dan 2015.

Tidak diketahui pasti mengapa bokong yang lebar dianggap sebagai rasio idaman. Salah satu teori menyebut, bokong lebar pada perempuan identik dengan kesan subur secara reproduktif.

Baca juga: Ini yang Bikin Muncul Banyak Selulit di Bokong

(up/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit