detikhealth

Benarkah Makan Es Batu dan Minum Air Dingin Bikin Gemuk?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 20/07/2017 06:22 WIB
Benarkah Makan Es Batu dan Minum Air Dingin Bikin Gemuk?Minum air dingin dipercaya bikin gemuk (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Tak sedikit orang beranggapan bahwa kebiasaan makan es batu atau minum air dingin bisa bikin gemuk. Ini karena air atau asupan bersuhu dingin dianggap bikin lemak jadi menumpuk.

Hal ini ditampik oleh nutrisionis dari Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD. Menurut Jansen, air dingin yang diminum akan disesuaikan suhunya dengan suhu internal tubuh, berapapun suhunya.

Ini terjadi karena adanya proses alami tubuh yakni termoregulasi, supaya suhu tubuh tetap konstan. Lemak tidak akan membeku atau menumpuk jika Anda minum air dingin.

Baca juga: Saat Kepedasan, Lebih Baik Minum Air Dingin atau Hangat?

Dikutip dari bukunya yang berjudul 'Fit Teen's Diary', Jansen juga menuturkan bahwa es batu hanya dibuat dari air putih yang didinginkan. Maka dari itu, sudah bisa dipastikan air putih dingin maupun es batu tidak mengandung kalori, sehingga mengonsumsinya juga tidak memicu kegemukan.

Yang perlu dijadikan perhatian bukan suhu dari minuman, tapi tambahan bahan makanan termasuk gula dan pengawet. Bahan-bahan inilah yang dianggap Jansen justru bisa memicu berat badan jadi naik.

"Mitos ini terbentuk karena banyaknya minuman-minuman dingin seperti es teh manis atau es campur yang mengandung tinggi gula, tapi yang disalahkan malah es batunya," imbuh Jansen.

Jika ingin mengonsumsi air dingin atau es batu, selain tambahan lain seperti gula dan pemanis, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari air putih itu sendiri. Jansen menyebutkan, akan menjadi masalah lain seperti diare jika es batunya terbuat dari air mentah.

Baca juga: Ada Efek Gravitasi, Ini Akibatnya Kalau Hobi Makan Sambil Tiduran

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit