detikhealth

Jangan Merasa Aman, Punya Tubuh Kurus Belum Tentu Bebas Penyakit

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Kamis, 20/07/2017 14:06 WIB
Jangan Merasa Aman, Punya Tubuh Kurus Belum Tentu Bebas PenyakitMemiliki tubuh yang kurus hampir menjadi keinginan semua orang. Namun ternyata bertubuh kurus juga belum tentu juga memiliki kesehatan yang baik. (Foto: iStock)
Jakarta, Tubuh yang kurus hampir menjadi keinginan semua orang. Namun nyatanya punya tubuh kurus juga belum tentu bebas penyakit.

"Orang yang tubuhnya kurus belum tentu kesehatannya bagus dan bisa saja sakit seperti penyumbatan. Itu banyak faktor penyebab bukan karena lemak saja menyumbat tapi bisa karena faktor lain yaitu radikal bebas," ucap Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K).

Lebih lanjut, ayah dari tiga orang anak ini menjelaskan radikal bebas merupakan atom yang bersifat merusak dinding pembuluh darah. Munculnya radikal bebas sendiri pada dasarnya merupakan sisa dari pembentukan energi dengan oksigen di dalam tubuh.

"Jadi radikal bebas pada tubuh bisa meningkat ketika melakukan aktivitas yang berlebihan dan istirahat yang kurang dari enam jam," ucap dr Samuel saat ditemui detikHealth baru-baru ini.

dr Samuel juga mengatakan aktivitas yang berlebihan pun dapat membuat kulit menjadi lebih layu sehingga memunculkan keriput yang banyak.

Baca juga: Punya Badan Kurus dan Tulang Panjang Termasuk Tipe Ectomorph, Apa Itu?

Untuk mengurangi dampak dari pelepasan radikal bebas tersebut, dokter yang praktik di MRCCC Siloam Hospital ini menyarankan Anda untuk mengonsumsi antioksidan. Menurut dr Samuel, antioksidan merupakan penahan radikal bebas.

Selain itu, dr Samuel mengatakan pada dasarnya tubuh membentuk antioksidan sendiri. Namun pembentukan antioksidan mengalami penurunan setelah usia 30 tahun.

Baca juga: Kaitan Diabetes dan Tubuh Makin Kurus Seperti Dialami Oon 'Project Pop'

(fds/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit