detikhealth

True Story

Kisah si Kecil Pemberani, Ikut Triathlon Setelah 3 Kali Bedah Jantung

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Senin, 24/07/2017 17:45 WIB
Kisah si Kecil Pemberani, Ikut Triathlon Setelah 3 Kali Bedah JantungJack mengidap kelainan jantung sejak lahir (Foto: Facebook/Lauren Kiefer-Foley)
Jakarta, Sejak masih dalam kandungan, dokter menemukan jantung Jack Foley tidak berkembang dengan sempurna. "Dia bilang tidak bisa melihat sisi kiri bayi kami," ujar ibu Jack, Lauren Kiefer-Foley menirukan perkataan dokternya.

Dari hasil pemeriksaan belakangan diketahui bahwa Jack mengalami 'hypoplastic left heart syndrome', cacat lahir langka yang mempengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Dokter kemudian menyarankan agar janin Lauren diaborsi saja, sebab biasanya anak dengan kondisi ini tidak bisa bertahan saat dilahirkan.

Namun Lauren dan suaminya, Rob menolak. Setelah dilahirkan lewat operasi caesar, tim dokter segera membawa Jack ke unit perawatan intensif, sekaligus mempersiapkannya untuk menjalani operasi jantung terbuka (open heart surgery).

Sampai operasinya selesai, barulah Lauren dan Rob bisa memeluk bayi mereka untuk pertama kali. "Saya tak bisa melihat apalagi memeluknya sampai usianya 9 hari," kenang Lauren.

Operasi pertama Jack dilakukan saat usianya baru empat hari. Saat itu dokter memasang alat khusus agar jantung Jack tetap terbuka agar aliran darah dalam tubuhnya berjalan lancar. Operasi kedua dilakukan saat usia Jack memasuki 4,5 bulan untuk memperbaiki rute aliran darahnya. Kesemua prosedur itu pun dilengkapi dengan operasi ketiga, yaitu untuk memperlancar aliran darah Jack seperti anak-anak normal lainnya.

"Prosedurnya sendiri semuanya berisiko," tandas Dr Emile Bacha, kepala bedah anak di Morgan Stanley Children's Hospital, New York-Presbyterian/Columbia University Medical Center.

Walau berkali-kali menjalani operasi, Jack tetap sanggup menjalani triathlonWalau berkali-kali menjalani operasi, Jack tetap sanggup menjalani triathlon Foto: Facebook/Lauren Kiefer-Foley


Baca juga: Kena Sindrom 'Tak Biasa', Zoey Sempat Gagal Jantung 7 Kali dan Stroke 3 Kali

Target tim dokter adalah membuat Jack bertahan hidup hanya dengan jantung yang berfungsi separuh. Namun salah satu perawat NICU di mana Jack dirawat mengabarkan kepada Lauren dan Rob bahwa putra mereka mengalami kemajuan yang luar biasa.

"Anda tahu, anak dengan kondisi seperti ini biasanya tidak mengalami kemajuan sebaik ini. Mungkin putra Anda adalah seorang Superman kecil, katanya saat itu. Dan ketika saya melihatnya, saya pun mengatakan ya, kamulah Super Jack-ku," tutur Lauren seperti dilaporkan CNN.

Meski jantungnya hanya berfungsi sebagian, Jack justru tumbuh menjadi sosok yang sangat gemar bermain roller dan hoki es. Bahkan baru-baru ini bocah yang baru genap berumur 6 tahun itu berhasil menyelesaikan triathlon pertamanya, di Long Beach, New York, 17 Juni silam.

Triathlon khusus anak-anak ini pun berhasil diselesaikan Jack walaupun tak mudah seperti berenang satu putaran di kolam, bersepeda memutari taman dan berlari di lapangan baseball sembari mengenakan kaos kebanggaannya yang bertuliskan 'half the heart, twice the fight' di punggungnya.

Pada dasarnya, dokter Jack memang membebaskan bocah ini untuk melakukan beragam aktivitas. "Toh saya selalu berkonsultasi dengan dokternya sebelum memperbolehkan Jack melakukan sesuatu. Tetapi mereka selalu menginginkan agar Jack tetap aktif," tandas Lauren.

"Dia memang tidak bisa pulih sepenuhnya, tetapi bukan berarti dia tidak bisa hidup normal," imbuh Bacha.

Baca juga: Pasangan Ini Kehilangan Dua Bayi Karena Sakit Langka yang Sama (lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close