detikhealth

Soal Body Goals Vs Kenyataan, Ini Pengakuan Para Seleb Instagram

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 29/07/2017 16:49 WIB
Soal Body Goals Vs Kenyataan, Ini Pengakuan Para Seleb InstagramFoto: instagram @saggysara
Jakarta, Boleh jadi, instagram termasuk media sosial paling 'membahayakan' kesehatan mental. Tubuh-tubuh super ideal yang bertebaran di platform ini tidak selalu sesuai dengan kenyataan.

Tidak sedikit dari bentuk-bentuk tubuh ideal yang dilabeli sebagai 'body goals' tersebut adalah hasil editing, atau pengaturan sudut pemotretan yang manipulatif. Bagi yang terobsesi untuk mendapatkannya, bukan tidak mungkin malah stres yang didapat karena yang diimpikan memang tidak pernah ada di dunia nyata.

Ini diakui juga oleh sejumlah selebgram, yakni sebutan untuk orang-orang yang cukup populer dan berpengaruh di instagram. Salah satunya Sara Puhto, seorang selebgram yang baru-baru ini buka kartu soal foto-foto tubuh seksi di internet.

Dalam beberapa foto, Sara membuat perbandingan antara bentuk tubuh hasil manipulasi dengan versi aslinya. Salah satunya menampilkan dirinya dengan pinggang ramping dan bokong yang padat dalam pose sedikit miring. Ketika disandingkan dengan pose berbeda, ternyata pinggang aslinya bergelambir.

"Tidak ada seorang pun yang tubuhnya tampak sama dari semua sisi," tulis Sara dalam caption yang menyertai foto tersebut.

Soal <I>Body Goals</I> Vs Kenyataan, Ini Pengakuan Para Seleb InstagramFoto: instagram @saggysara


Baca juga: Cantik dan Berotot, Demonstran Venezuela Ini Jadi Buah Bibir

Pandangan serupa juga disampaikan oleh Ferdinand Beck, seorang vegetarian asal Jerman yang juga sering mengunggah foto tubuh berototnya di instagram. Meski tubuhnya memang sangat sporty, ia mengakui bahwa tidak semua yang ada di instagram adalah nyata dan sempurna.

"Aku akan mengakui, aku hanya mengunggah foto yang kelihatan paling bagus," katanya.

"Inilah yang membuat saya merasa lebih baik dan percaya diri. Tidak yang salah dengan itu, guys. Cuma, ingat bahwa kamu tidak melihat 5 foto lain yang aku hapus karena angle-nya tidak tepat, atau mataku berkedip, atau aku kelihatan terlalu kurus atau gemuk," lanjut Beck.

Dalam upaya mendapatkan tubuh ideal, kadang-kadang pengaruh positif seperti gaya hidup sehat dari sang idola memang bisa didapatkan. Dan memang seharusnya demikian, menjalani hidup sehat dan pola makan yang seimbang jauh lebih bermanfaat dibanding hanya fokus pada bentuk tubuh.

Ferdinand Beck mendapatkan tubuh yang berotot setelah menerapkan diet berbasis tanaman atau plant based dietFerdinand Beck mendapatkan tubuh yang berotot setelah menerapkan diet berbasis tanaman atau plant based diet Foto: Instagram @vegainstrength


Baca juga: Foto: Tak Selamanya Body Goals di Instagram Seindah Kenyataan

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit