detikhealth

Ello Ditangkap karena Ganja, Mengapa Artis Rentan Terlibat Napza?

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 11/08/2017 09:08 WIB
Ello Ditangkap karena Ganja, Mengapa Artis Rentan Terlibat Napza?Ello ditangkap polisi karena kedapatan memiliki ganja. (Foto: Noel/detikHOT)
Jakarta, Penyanyi Marcello Tahitoe atau akrab disapa Ello pada ditangkap polisi karena kedapatan memiliki ganja. Kasus penangkapan Ello ini terjadi tidak lama setelah artis lainnya, Tora Sudiro, juga ditangkap terkait kasus penyalahgunaan obat penenang dumolid.

Mengapa begitu banyak artis sepertinya rentan terlibat kasus narkoba, psikotropika dan zat adiktif (napza)? Menurut psikiater dr Andri, SpKJ, sebagian alasannya bisa karena kebutuhan untuk relaks di tengah kesibukan yang padat.

Baca juga: Tora Sudiro Ditangkap dengan 30 Butir Dumolid, Obat Apakah Itu?

"Tentunya dengan kesibukan luar biasa yang seringkali melampaui batas kemampuan fisiknya mereka butuh alat bantu. Sayangnya berujung pada penggunaan zat stimulan," kata dr Andri.

"Kita dalam dunia kedokteran jiwa memahami bahwa jenis stimulan ini biasanya digunakan untuk mendapatkan semangat dan rasa senang yang berlebihan," ujar dokter yang sehari-hari praktik di Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera.

Selain untuk bisa mendapatkan semangat dan perasaan bahagia instan, artis juga bisa memakai napza agar bisa tenang tidak tegang. Beban mental dan fisik berlebih bisa ditanggung oleh para artis akibat tuntutan dari pekerjaan atau bahkan fansnya sendiri.



"Ganja yang didapatkan pada banyak kasus artis yang tertangkap adalah suatu zat yang berfungsi menenangkan seperti layaknya obat benzodiazepine. Ketegangan yang sehari-hari ditemui dengan jadwal padat mungkin membuat banyak artis tidak tenang, susah relaks, dan tidak bisa tidur," kata dr Andri.

"Mereka akhirnya memilih jalan singkat untuk mengatasi hal tersebut tanpa berkonsultasi dokter," pungkasnya.

Baca juga: Ditangkap Polisi karena Ganja, Ello Sehat dan Ikhlas Hadapi Hukum(fds/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close