detikhealth

Artikel 18+

Kisah Pilu Wanita yang Terlahir Tanpa Vagina

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 18/08/2017 11:05 WIB
Kisah Pilu Wanita yang Terlahir Tanpa VaginaDari luar Kaylee terlihat seperti wanita muda pada umumnya. Namun ia memiliki kecacatan yang tak banyak orang tahu yaitu terlahir tanpa vagina. (Foto: Barcroft TV)
Jakarta, Kaylee Moats (22) dari Arizona, Amerika Serikat, terlahir dengan sindrom langka Mayer-Rokitansky-Küster-Hauser (MRKH). Dari luar ia tampak seperti wanita biasa namun ada kecacatan fisik yang tak banyak orang tahu yaitu ia terlahir tanpa vagina.

Kaylee sendiri baru sadar memiliki kondisi tersebut ketika menginjak usia 18 tahun. Saat itu dirinya curiga karena tak juga kunjung mengalami menstruasi.

"Ketika adik saya yang berumur 12 tahun saja sudah menstruasi kami memutuskan untuk pergi ke dokter kandungan. Mereka memeriksa saya dengan USG dan menemukan kalau saya tidak memiliki rahim ataupun leher rahim," kata Kaylee kepada Barcroft TV dan dikutip Jumat (18/8/2017).

Baca juga: Wanita-wanita Tanpa Organ Reproduksi, Tak Punya Vagina hingga Rahim

Orang-orang dengan sindrom MRKH secara genetik sebetulnya perempuan karena memiliki dua kromosom X, ovarium, dan dari luar organ intim mereka bisa terlihat normal. Namun ketika masih dalam kandungan organ reproduksi yang lain seperti rahim dan mulut rahimnya tidak berkembang sempurna.

Oleh sebab itu penyandang MRKH seperti Kaylee tidak bisa hamil meski secara teori tetap bisa memiliki anak lewat prosedur rahim sewaan.

"Melihat bagaimana reaksi ibu saya, saya sedih karena tidak bisa memberikannya cucu suatu hari kelak," kata Kaylee.

"Saya jadi merasa kurang sebagai seorang wanita. Saya tidak bisa melakukan apa yang seharusnya dilakukan wanita yaitu mengandung anak, menciptakan sebuah keluarga, dan memberikan hubungan yang intim," lanjutnya.

Saat ini Kaylee masih mengumpulkan uang untuk melakukan operasi rekonstruksi vagina. Harapannya dengan demikian setidaknya ia bisa mengembalikan beberapa fungsi organ reproduksinya meski tetap tak bisa mengandung anak.

"Menjalani operasi itu akan membantu saya merasa normal. Membantu saya memiliki bagian tubuh yang sama seperti wanita lain," pungkas Kaylee.

Baca juga: Sewa Rahim Menjamur di Laos, Sekali Hamil Bayarannya Rp 100 Juta Lebih

(fds/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit