detikhealth

Balita di Jatim Meninggal Akibat Penyakit Gastroenteritis, Apa Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 24/08/2017 11:05 WIB
Balita di Jatim Meninggal Akibat Penyakit Gastroenteritis, Apa Itu?Gastroenteritis adalah peradangan di usus halus yang terjadi karena ada infeksi, salah satunya bakteri. Foto: Getty Images
Jakarta, Dimas, bocah 4 tahun, asal Kabupaten Blitar, Jawa Timur meninggal dunia pasca imunisasi campak dan rubela (MR). Dinas Kesehatan Jawa Timur menegaskan meninggalnya Dimas bukan karena imunisasi melainkan karena ada masalah gastroenteritis.

Baca juga: Balita Meninggal Usai Imunisasi, Dinkes Jatim: Tidak Ada Kaitannya

Pakar kesehatan pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, menjelaskan secara umum gastroenteritis adalah peradangan di usus halus yang terjadi karena ada infeksi. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari virus, bakteri, hingga fungus.

Salah satu contoh bakteri yang sering menyebabkan gastroenteritis seperti misalnya Escherichia coli, Shigella dysenteriae, dan Salmonella.

"Nah yang namanya ada peradangan dia (pasien -red) itu akan mengalami mencret, BAB cair lebih dari tiga kali sehari. Bisa juga mual muntah dan kalau infeksi sudah sistemik masuk ke dalam darah bisa ada demam tinggi," kata dr Ari ketika dihubungi detikHealth, Kamis (24/8/2017).

Hal yang berbahaya dari gastroenteritis adalah ketika pasien mengalami dehidrasi karena diare. Penanganan yang baik seharusnya diberikan cairan oralit untuk cepat mengambalikan cairan tubuh namun kadang kala hal ini terlewat tak terpikirkan.

"Kekurangan cairan bisa fatal menyebabkan kematian. Jadi terlambat memberikan oral hydration," kata dr Ari.

"Indonesia itu memang termasuk satu dari 10 negara dengan kematian terbanyak akibat diare. Ya karena informasi tidak sampai ke masyarakat, informasi kesehatan kita minim sekali," pungkasnya.

Baca juga: Terserang Gastroenteritis, Marquez: Absen Latihan Pilihan Terbaik
(fds/mrs)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit