detikhealth

Kurang Makan Buah Bisa Sebabkan Sariawan? Ini Kata Dokter

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 24/08/2017 16:36 WIB
Kurang Makan Buah Bisa Sebabkan Sariawan? Ini Kata DokterSariawan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, namun banyak yang beranggapan sariawan juga terjadi karena kurang mengonsumsi buah. Benarkah demikian? (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Sariawan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, selain faktor genetik. Namun banyak yang beranggapan bahwa sariawan juga terjadi karena kurang mengonsumsi buah. Benarkah demikian?

Diutarakan dokter gigi spesialis penyakit mulut RS Pondok Indah - Pondok Indah, Dr drg Febrina Rahmayanti SpPM atau yang akrab disapa dr Febrina, umumnya agar tubuh tetap sehat, komponen asupan seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin harus tercukupi, termasuk mengonsumsi buah agar tak rentan terkena sariawan.

"Kenapa sih sariawan dikaitkan dengan kurang buah? Sebenarnya yang kita harapkan dari buah dan sayur adalah seratnya juga kan, kemudian ada zat besi, kemudian mineral," ucap dr Febrina.

"Nah di situlah yang sebenarnya juga bermanfaat untuk mempertahankan integritas epitelnya itu," sambung dr Febrina.

Baca juga: Kenali Penyebab Sariawan, Mulai dari Kegigit Hingga Genetik

Oleh karena itu, berdasarkan pengalamannya, biasanya dr Febrina akan melakukan anamnesis pada pasien dan bertanya bagaimana pola makan dan juga pola hidup pasien tersebut.

"Pola makannya bagaimana, kemudian selain pola makan juga kelelahan, faktor stres, itu juga bisa memicu timbulnya sariawan," terang dr Febrina.

Selain itu, sariawan juga dipengaruhi oleh faktor hormonal. Pada perempuan menjelang menstruasi biasanya timbul sariawan.

"Faktor hormonal juga bisa berperan. Kalau pada saat mau menstruasi biasanya ada yang suka sariawan," pungkas dr Febrina.

Baca juga: Awalnya Sariawan, Ini Kisah Aktivis Migrant Care Melawan Tumor Lidah
(hrn/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit