detikhealth

Wabah Flu Babi di India, Lebih dari 1.000 Orang Meninggal Dunia

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Sabtu, 26/08/2017 07:31 WIB
Wabah Flu Babi di India, Lebih dari 1.000 Orang Meninggal DuniaFlu babi adalah salah satu varian virus influenza. (Foto: Getty Images)
New Delhi, Wabah swine flu atau flu babi di India kembali mengkhawatirkan. Laporan terbaru mencatat adanya kenaikan jumlah kasus baru dan korban meninggal dalam 8 bulan terakhir.

Dilansir BBC, total kasus flu babi saat ini sudah mencapai 22.186 kasus, dengan 1.094 di antaranya meninggal dunia. Angka ini empat kali lipat lebih tinggi daripada tahun 2016, di mana wabah flu babi mengalami penurunan kasus.

Bagian barat India di distrik Maharashtra merupakan daerah dengan jumlah kasus terbanyak, dengan kematian akibat flu babi mencapai 437 orang. Gujarat menjadi distrik kedua dengan kematian terbanyak, yakni 297 orang.

Baca juga: Infeksi Bakteri Penyebab Kematian Penderita Flu Babi

India memang salah satu negara yang menjadi langganan wabah flu babi. Tahun 2015, ada lebih dari 1.900 orang meningga akibat penyakit yang mirip dengan flu burung ini.

Sejarah mencatat wabah flu babi terburuk terjadi pada tahun 2009-2010, di mana jumlah penduduk terinfeksi mencapai lebih dari 50 ribu orang dengan korban tewas mencapai 2.700 orang.

dr Sanjay Gururaj dari Shanthi Hospital, mengatakan bahwa angka yang dimiliki oleh pemerintah tidak mencerminkan kondisi di lapangan. Menurutnya, kejadian di masyarakat jauh lebih banyak dan lebih besar daripada yang dilaporkan.

"Ini hanyalah puncak gunung es. Di daerah yang sulit terjangkau masih ada pasien yang belum terdata dan mendapat perawatan maksimal," tuturnya.

Baca juga: Flu Babi Ditangani Sama Seperti Perawatan Flu Burung(mrs/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit