detikhealth

Beda Usia 10 Tahun Seperti Raisa dan Hamish, Idealkah untuk Menikah?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jumat, 01/09/2017 12:32 WIB
Beda Usia 10 Tahun Seperti Raisa dan Hamish, Idealkah untuk Menikah?Beda usia 10 tahun tidak berpengaruh pada rumah tangga Raisa dan Hamish nantinya. Foto: Dok. Bridestory/David Salim Photography
Jakarta, Tanggal 3 September 2017, disebut-sebut akan menjadi Hari Patah Hati Nasional. Pasalnya, penyanyi berparas cantik Raisa Andriana akan menikah dengan Hamish Daud.

Raisa yang berusia 27 tahun, berbeda 10 tahun dari usia Hamis yang menginjak 37 tahun. Perbedaan usia keduanya bisa dibilang cukup jauh. Apakah bisa berpengaruh pada hubungan rumah tangganya nanti?

Menurut psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani M.Psi, umur keduanya sudah mencapai usia matang untuk menikah. Seperti yang dikatakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN bahwa seseorang akan lebih siap jika menikah di atas 20 tahun.

"Pada usia tersebut asumsinya lima aspek, yaitu fisik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosional sudah lebih matang," ujarnya kepada detikHealth, Jumat (1/9/2017).

Baca juga: 8 Alasan untuk Tidak Patah Hati 'Ditinggal' Nikah Sama Raisa

Menurutnya ditinjau dari tahapan perkembangan, usia seseorang terbagi menjadi empat rentang. Usia 20-25 tahun adalah beranjak dewasa, 26-40 tahun termasuk dewasa muda, 40-60 tahun adalah dewasa madya, dan di atas 60 tahun disebut lansia.

"Mereka berdua (Raisa dan Hamish -red) ada di tumbuh kembang yang sama, jadi lima aspek tadi setara. Kalau dari usia mereka tidak sangat bermasalah, kalau ada masalah itu bukan dari tahapan perkembangannya, mungkin dari hal lain, seperti kebiasaan-kebiasaan yang beda," jelas wanita yang disapa Nina ini.

Perbedaan usia yang tidak terlampau jauh atau lebih tepatnya masih dalam rentang yang sama dalam tahapan perkembangan, maka tidak mempengaruhi keberlangsungan rumah tangga seseorang nantinya.

"Bukan hanya aspek tumbuh kembang, pengalaman masa lalu, teman-teman, keluarga, itu bisa berpengaruh," pungkasnya.`

Baca juga: Usia Ideal untuk Menikah Menurut Psikolog

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit